Wali Kota Siantar Beri Pengobatan Gratis Lansia

  • Bagikan

PEMATANGSIANTAR (Berita): Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani, SpA bertemu ratusan warga lanjut usia (Lansia) dan memberikan pengobatan secara gratis di Kantor Kelurahan Bantan, di Jalan Seram Bawah Kecamatan Siantar Barat, Kamis (16/11/2023) pagi. Dalam kegiatan tersebut, dr Susanti juga membagikan makanan tambahan kepada para lansia.

dr Susanti dalam sambutannya di tengah-tengah para Lansia menyampaikan, usia bisa lanjut, umur bisa tua, dan tua itu konsekuensi. Namun hidup sehat merupakan pilihan.

Lansia, katanya, harus tetap sehat dan bahagia. Sehingga bisa tetap memberikan manfaat, mencurahkan pikiran serta tenaga untuk keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Dengan demikian, lanjut dr Susanti, dibutuhkan gerakan dari pemerintah agar lansia mendapat prioritas kesehatan, bimbingan, dan pembinaan agar dapat menjalankan hidup sehat.

“Para Lansia harus menyesuaikan usia dengan kebutuhan makanan. Hormon sudah beda, sehingga perlu pemahaman-pemahaman,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang SEiantar, lanjutnya, senantiasa mengupayakan pembinaan dalam kelompok-kelompok lansia demi kesehatan lansia, yang didukung pemeriksaan kesehatan gratis. Sehingga lansia hidup sehat dan bahagia.

“Dan yang terpenting, hari ini kita silaturahmi. Karena lansia perlu bersosialisasi dan berkumpul dengan teman sebaya agar tetap bahagia,” tukasnya.

Menurutnya, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada lansia dilakukan di 8 kecamatan dan 53 kelurahan di Kota Pematang Siantar. PMT ini, sambungnya, akan dilakukan secara periodik atau berkelanjutan.

“Sebagai bagian dari tugas Pemko Pematangsiantar demi mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” katanya.

Sebelumnya, Camat Siantar Barat Herwan Saragih, SH menyampaikan, ada 1.000 paket makanan tambahan yang diperuntukkan pagi para lansia di kecamatan yang dipimpinnya. Sebanyak 1.000 paket tersebut dibagikan untuk 8 kelurahan di Kecamatan Siantar Barat. Khusus Kelurahan Bantan, ada 200 paket yang dibagikan.

“Ini amanah yang kami sampaikan. Semoga PMT ini bermanfaat. Terima kasih kepada Ibu Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA, yang di tengah kesibukan beraktivitas, menyempatkan diri datang ke sini. Mohon bimbingan kepada untuk selalu bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Herwan.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kelurahan Bantan sekaligus mewakili para lansia, Ninawati, mengaku bangga memiliki wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar.

Disampaikan Ninawati, banyak program di Kelurahan Bantan yang membantu warga. Seperti PMT kepada lansia.

“Ada juga senam lansia tiga lokasi dan tiga Posyandu Lansia. Kami ingin Posyandu Lansia ditambah karena banyak lansia di Kelurahan Bantan ini,” harapnya.

Selanjutnya, dr Susanti menyerahkan PMT secara simbolis kepada para lansia yang dilanjutkan ramah-tamah dan foto bersama.

Lurah Bantan, Rizky Meriam Daulay menambahkan, dalam kesempatan tersebut juga diberikan vitamin kepada para lansia. Sedangkan pemeriksaan kesehatan gratis yang tersedia yakni cek gula darah, asam urat, kolesterol, dan tekanan darah.

Turut hadir, Babinsa, Kapolsek Siantar Barat Ipda Agustina Triyadewi, Kepala Puskesmas Singosari Mardiana, TP PKK, Sekcam Siantar Barat Fauzi Lubis dan para lurah se-Kecamatan Siantar Barat. (surati).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *