UPTD Puskesmas Ofa Padang Mahondang Disurvei Tim Akreditasi Laskesi

  • Bagikan

ASAHAN (Berita): UPTD Puskesmas Ofa Padang Mahondang yang terletak di Dusun III Desa Ofa Padang Mahondang, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Selasa (7/5/2024) disurvei untuk memperoleh akreditasi yang berlaku untuk 5 tahun ke depan.

Kegiatan Survei Akreditasi Puskesmas Ofa Padang Mahondang dihadiri oleh Camat Pulau Rakyat M Syarif Pohan, Kepala UPTD Puskesmas Ofa Padang Mahondang Dr Citra Dewi Kesuma, Kapolsek Pulau Raja diwakili Wakapolsek IPTU MT Siregar, Danramil 16 (diwakili), Kepala KUA Pulau Rakyat Khairuddin Kasir.

Juga hadir sejumlah kepala desa yakni Kepala Desa Ofa Padang Mahondang Pernandus Siregar, Kepala Desa Persatuan Sugandah, Kepala Desa Tunggul 45 Edi Sunarto, Kepala Desa Bangun diwakili Sekdes, bidan Puskemas, bidan desa dan Kader Posyandu.

Sedangkan survei Akreditasi ini mendatangkan Tim Surveyor Akreditasi
Lembaga Akreditasi Fasyankes seluruh Indonesia (Laskesi) Provinsi Sumatera Utara yaitu dr Windy Maidesi MKes dan dr Yenny Melia MKes.

Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia disingkat dengan LASKESI atau Indonesian Accreditation Agency for Health Services (ICAHS) adalah lembaga akreditasi mandiri yang membantu peningkatan mutu, mempersiapkan akreditasi dan melaksanakan survei akreditasi Puskesmas, Klinik Laboratorium Kesehatan dan Unit Transfusi Darah (UTD), Tempat Praktik Mandiri Dokter (TPMD) dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi (TPMDG)

Kepala UPTD Puskesmas Ofa Padang Mahondang yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, akreditasi ini bertujuan untuk memberikan penilaian kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pasalnya, Puskesmas sebagai ujung tombak sekaligus sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan.

Untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Puskesmas Ofa Padang Mahondang juga menyiapkan kotak saran. Nantinya, warga dapat menyampaikan keluhan atau masukan melalui kotak saran tersebut.

“Warga dapat mengisi kotak saran agar kami dapat berbenah dan mengevaluasi pelayanan yang kurang memuaskan di Puskesmas Ofa Padang Mahondang,” ujar Citra.

Lebih lanjut mantan Kepala Puskesmas Aek Ledong itu mengatakan Puskesmas Ofa Padang Mahondang pada acara akreditasi ini juga melakukan simulasi cara menghadapi bencana kebakaran, tujuan simulasi ini untuk meningkatkan kemampuan para staf, bila sewaktu-waktu terjadi peristiwa kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar).

“Simulasi bencana kebakaran ini sangat penting dan sesuai dengan SOP penyelamatan diri dalam situasi darurat kebakaran,” papar wanita bercadar itu.

Acara akreditasi ini juga membuka ruang tanya jawab kepada tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu Camat Pulau Rakyat mengapresiasi kunjungan tim survei ke Puskesmas Ofa Padang Mahondang. Kemudian disampaikannya, meskipun dirinya baru 4 bulan ditugaskan Bupati Asahan menjadi Camat Pulau Rakyat tapi hubungan lintas sektoral terhadap Puskesmas Ofa Padang Mahondang dengan Pemerintah Kecamatan berjalan cukup baik.

“Selama ini hubungan kerja meskipun dalam kesibukan proses pemilu dan pengawasan pemilu hubungan dengan pihak kesehatan cukup bagus, baik dalam kegiatan rapat-rapat seperti Rakorpem, kegiatan sosial keagamaan, Posyandu dan lainnya kami berjalan cukup baik,” ucapnya.

Camat berharap ni bisa mendapat prestasi yang baik, karena Puskesmas Ofa Padang Mahondang baru perdana kalinya mengikuti survei ini. Jadi kalau bisa meskipun perdana Puskesmas Ofa Padang Mahondang sangat dibutuhkan masyarakat terutama yang ada di 5 desa ini (Ofa Padang Mahondang, Padang Mahondang, Bangun, Persatuan, dan Tunggul 45).

“Puskesmas Ofa Padang Mahondang sangat membantu masyarakat, kalau ada masyarakat yang mengeluh sakit tidak mesti dibawa ke Puskesmas Pulau Rakyat,” tandas Syarif. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *