Untuk Tingkatkan Pelayanan, Kini RSUD Dr. Djasamen Saragih Miliki Cath Lab Jantung

  • Bagikan

ADVENTORIAL

Untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, kini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih Kota Pematang Siantar telah memiliki Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi dan Intervensi Jantung, hal ini tentunya dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pematang Siantar.


Demikian dikatakan Dirut RSUD Dr Djasamen Saragih dr. Aulia Sukri Sambas, MKM, didampingi Wadir I bidang pelayanan medik keperawatan dan penunjang dr. Yuliana Sarah Erika Kurniati, MKM, beserta Kabid pelayanan Medik dr. Fatma Azlamada Lubis, S. Kep. NS. Ketika menerima kunjungan sejumlah Wartawan pada Selasa (12/09) dikantornya.

Saat ini keberadaan Laboratorium Kateterisasi Jantung di RSUD Dr Djasamen Saragih ini, merupakan penantian selama tiga tahun lamanya, saya berharap kami dapat memberikan layanan terbaik, tingkatkan SDM (Sumber Daya Manusia ) kepada masyarakat, khususnya pasien penyakit jantung. Untuk itu mari kita dukung pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi kedepan.

Menurut Aulia bahwa dalam menangani pasien penyakit jantung ada empat kasus jenis peningkatan layanan, yaitu gagal jantung,gagal stroke,gagal ginjal,dan gagal canser .hingga saat ini dalam menghadapi para pasien mudah mudahan belum ada kendala.
Dan saya berharap rumah sakit tersebut bisa lebih maju dan pegawainya sejahtera ujar dr Aulia yang pernah menjabat Direktur RS Mata Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, tersebut.

“Kami mengucapkan selamat kepada RSUD Djasamen Saragih yang belakangan ini banyak meraih prestasi,” sebutnya. Seperti Akreditasi Paripurna, Rumah Sakit Pendidikan, dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut saya mengucapkan terima kasih kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang selalu memberikan masukan-masukan dan sebagai tempat konsultasi.

Sementara itu penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang banyak banyak menimbulkan korban jiwa.

Ketika ada yang mendapat serangan jantung, harus dibawa ke rumah sakit yang ada di tingkat provinsi atau ke Medan. Itupun belum tentu langsung mendapatkan pelayanan. Sebab untuk Cath Lab harus masuk daftar tunggu. Sehingga bagi yang tidak sabar, dan memiliki dana biasanya berangkat ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan khusus jantung.

Hal itulah yang menjadi salah satu pertimbangan RSUD dr Djamen Saragih Kota Pematang Siantar beserta jajaran Dinas Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kota Pematang Siantar. Salah satunya, menyediakan Cath Lab

“Semoga ke depan kita dapat lebih baik lagi dan tetap mempunyai komitmen yang tinggi untuk bersama-sama membangun RSUD dr Djasamen Saragih supaya semua pegawai dapat lebih sejahtera .
Dengan harapan masyarakat mendapatkan kemudahan di dalam pelayanan kesehatan demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” pungkasnya, Aulia.

Sebelumnya, Kabid Pelayanan Medik Fatma Azlamada Lubis,S.Kep,MS menerangkan, ada empat penyakit trending topic yang digaungkan Kementerian Kesehatan, yakni jantung, kanker, ginjal, dan stroke.
RSUD dr Djasamen Saragih, dalam mendukung transformasi kesehatan. Salah satunya sistem pelayanan yang maksimal, dengan menambah kepercayaan para pasien tentunya.
Pelayanan kesehatan yang terukur, diawali dengan niat tulus para petugas medis kiranya dapat meningkatkan kunjungan pasien sesuai target Rumah sakit.

Setelah pelaksanaan soft launching Cath Lab, kami juga akan melakukan verifikasi oleh BPJS Pusat. Setelah verifikasi selesai, selanjutnya dilakukan grand launching pada bulan Oktober yakni memberikan servis kepada pasien dan keluarganya diantar dan dijemput mobil dibawa ke rumah sakit.
Semua itu juga bentuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan keluarga pasien.
Manejemen pihak rumah sakit, yang didukung dari dana CSR Bank BRI dalam pengadaan pembelian mobil layanan yang digunakan sebagai penunjang kelancaran transportasi terhadap pasien.

Kami mohon dukungan untuk rumah sakit ini karena, selama ini ibu Walikota dr Susanti Dewayani,SpA juga sudah mendukung dengan penuh hati terhadap rumah sakit ini. Sehingga kami bisa menjalankan amanah untuk mutu dan pelayanan dengan terakreditasi,” sebutnya.

Sementara Ketua Tim Cath Lab RSUD dr Djasamen Saragih dr Devri mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar yang sudah memberikan dukungan sehingga saat ini RSUD dr Djasamen Saragih bisa memiliki layanan jantung yang canggih.

“Saya kira ini satu-satunya yang ada di kabupaten/kota di luar Kota Medan,” tukasnya.

Diterangkannya, Instalasi Kateterisasi Jantung tersebut memiliki satu alat Cath Lab bermerek Philips.

“Jadi bukan kaleng-kaleng dan harganya cukup mahal,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mengoperasikan instalasi kateterisasi jantung dan intervensi kardiovaskuler, pihaknya didukung oleh tim profesional yang sudah mengikuti berbagai pelatihan.

“Jadi, mohon bantuan doa maupun usaha sehingga instalasi kateterisasi jantung ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat di Pematang Siantar,” harapnya.

Cath Lab atau disebut juga kateterisasi jantung dan angiografi merupakan tindakan atau prosedur medis kardiologi diagnostic invasive. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan sinar-X untuk membantu menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, pemeriksaan Cath Lab pada jantung untuk mengetahui adanya penyakit, penyempitan, sumbatan, atau pelebaran pada pembuluh darah. Alat yang digunakan dalam pemeriksaan ini bisa memberikan hasil gambar yang detail. Dengan demikian, prosedur ini dapat membantu dokter memberikan diagnosis yang akurat dalam melaksanakan tindakan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Prosedur Cath Lab juga dapat dimanfaatkan di berbagai bidang lainnya, seperti bedah saraf, bedah tulang, radiologi intervensi, (ADV).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *