Tingkatkan PAD, Pematang Siantar Jadi Tuan Rumah Pertandingan Sepak Bola APEKSI Korwil 1

  • Bagikan

ADVENTORIAL 

Kabar gembira bagi masyarakat Kota Pematang Siantar, khususnya  para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan akan dilaksanakan event tingkat Nasional, pertandingan persahabatan Sepak Bola. Momen ini tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi kota Pematang Siantar.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar terus melakukan sejumlah persiapan dalam rangka Football Friendly Match (Pertandingan Persahabatan Sepak Bola) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) 1 yang akan dilakukan pada 12-16 Oktober 2023.

Direncanakan Lapangan sepakbola yang dipersiapkan dalam perhelatan akbar ini, yakni Lapangan Rindam 1/Bukit Barisan dan Lapangan Kodim 0207/Simalungun.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana dan juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pematang Siantar, Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Hamam Sholeh, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Johannes Sihombing SSTP MSi, Senin (/9/10/2023) sore bertempat di Media Center Diskominfo.

Dijelaskan Junaedi, pertandingan persahabatan tersebut merupakan agenda kerja yang telah diputuskan pada Raker Apeksi Komwil 1 di Batam beberapa waktu lalu, yang menetapkan Kota Pematang Sianțar sebagai tuan rumah pelaksanaan agenda kerja Komwil 1 Apeksi.

Kegiatan ini, sambungnya, akan meningkatkan PAD Kota Pematang Siantar yang semakin meningkat dari tingkat hunian hotel.

Selain itu, dengan kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini, Junaedi optimis akan berdampak terhadap tingginya perputaran uang di Kota Pematang Siantar.

Pada kesempatan ini, ia berharap kepada media yang ada di Kota Pematang Siantar mendukung penuh kegiatan tersebut melalui publikasi yang dilakukan.

“Sehingga daerah lain mengetahui bahwa Kota Pematang Siantar menjadi tuan rumah kegiatan tersebut, dan akan membentuk image positif untuk Kota Pematang Siantar dengan segala destinasi wisata dan kulinernya. Destinasi Yes Transit No, akan terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Johannes Sihombing SSTP MSi selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menuturkan, menjadi tuan rumah dalam Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Apeksi Komwil 1 merupakan hal yang pertama di Kota Pematang Siantar.

Sehingga, sesuai dengan yang disampaikan Wali Kota dr Susanti Dewayani Sp, dalam kesempatan sebelumnya, menjadi kehormatan bagi Kota Pematang Siantar.

Pada kesempatan ini, Johannes juga meminta dukungan penuh dari media untuk mempublikasikan kegiatan Apeksi Komwil 1 tersebut.

“Segala saran dan masukan dari rekan media, juga kita butuhkan demi suksesnya event tersebut,” tandasnya.

Informasi yang didapat dari panitia, bahwa dari 24 anggota Apeksi Komwil 1, yang sudah siap mengikuti pertandingan persahabatan, yang terdata baru 9 pemerintah kota, yakni Kota Pematang Siantar, Medan, Binjai, Sibolga, Subusalam, Lhokseumawe, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, dan Padangsidimpuan.

M Hamam Sholeh, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematang Sianțar menambahkan, setiap utusan peserta Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Apeksi Komwil I Sumbagut, akan mengirimkan timnya yang beranggotakan 25 pemain.

“Pemain atau tim dari setiap Pemko ada 25 orang, belum lagi yang lainnya. Para tamu kita itulah, yang nantinya akan mengisi kamar-kamar hotel yang sudah ditetapkan,” kata M Hamam Sholeh yang juga menjelaskan para tamu akan dibawa ke pusat souvenir, dan tempat-tempat kuliner.

Ia mengutarakan para tamu akan diberi buku panduan, sehingga mereka dapatkan kenangan dan kesan yang baik dari Kota Pematang Siantar.

Untuk hotel telah diinformasikan yang akan melayani tamu, yakni Hotel Sapadia, Batavia, Megaland, Horison, dan Siantar Hotel.

Sedangkan Gala Dinner akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2023 di Taman Bunga/ Lapangan Merdeka.

“Beberapa ruas jalan, seperti Jalan Merdeka dan Jalan WR Supratman sekitarnya, akan ditutup dari akses arus lalu lintas. Operasional hiburan Odong-odong akan dialihkan,” kata Junaidi.

Sementara untuk Gala Dinner, sambung M Hamam Sholeh, telah dikemas berbagai acara yang menarik, seperti permainan cahaya maupun sajian budaya (etnik) yang dapat menghibur para tamu.

“Kita berharap dukungan dari masyarakat, terkhusus dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota, agar para tamu merasa nyaman, dan aman selama berada di Kota Pematang Siantar. Mari kita tampilkan kesan yang baik,” ajak Junaidi.

Lebih lanjut Junaidi menyampaikan, Kick Off Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Apeksi Komwil I Sumbagut, akan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Rindam 1/Bukit Barisan pada 13 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB.

“Kick off 13 Oktober 2023, pukul 08.00 WIB di Lapangan Sepakbola Rindam dan finalnya 16 Oktober di tempat yang sama. Sedangkan pertandingan akan digelar di dua lapangan, yakni Lapangan Rindam dan Lapangan Kodim 0207/Simalungun di Jalan Asahan. Pertandingan dikemas setengah kompetisi, dengan waktu 2 x 25 menit.
Untuk itu demi kelancaran kegiatan dimaksud kami sangat mengharapkan dukungan dan peran serta masyarakat untuk menjaga Kamtibmas, sehingga kota pematang Siantar menjadi kondusif, tamu-tamu yang datang akan merasa nyaman, (ADV).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *