Marharoan Bolon Diterapkan Membangun Simalungun, Mendapat Anugerah PWI Pada HPN 2024

  • Bagikan

ADVERTORIAL

Simalungun (Berita): Gerakan Marharoan bolon yang diterapkan Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga,SH,MH untuk membangun Tano Habonaron do bona diapresiasi masarakat.
Apresiasi dibuktikan dari 33 kecamatan kabupaten Simalungun Radiapoh Sinaga selaku Bupati dan Zony Waldy wakil Bupati turut serta bersama massarakat marharoan bolon (Bergotong toyong) memperbaiki jalan jalan ,saluran irigasi dan berbagai sarana demi kepentingan massarakat.


Bagi orang nomor satu di kabupaten Simalungun Budaya peninggalan nenek moyang  Marharoan bolon terus dilestarikan di tengah massarakat untuk mencapai tujuan sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati bawah Rakyat Harus Sejahtera.
Konsep kerja sama atau gotong royong budaya Simalungun disebut Marharoan bolon ini dijadikan landasan kerja karena massarakat percaya kerja sama sangat dibutuhkan guna mencapai tujuan bersama, sebelum era kolonialisme thn 1901 Marharoan bolon kental dirasakan massarakat khususnya warga kabupaten Simalungun.


Haroan bolon berjalan di setiap aspek kerja kehidupan bagi warga massarakat Simalungun seperti pada bidang pertanian,pembangunan,kehidupan adat dan sosial serta hal lainnya.
Saat akan melaksanakan Haroan bolon massarakat menciptakan kesepakatan lebih dulu dalam waktu pelaksanaan gotong royong,namun di setiap kecamatan kabupaten Simalungun istilah Haroan bolon sudah tidak asing lagi.
Tradisi Haroan bolon yang disampaikan secara turun temurun oleh warga massarakat kabupaten Simalungun merupakan wujud kearifan lokal dilakukan secara bergiliran (marsidapari)mengerjakan sawah secara bergantian kemudian ada yang dilakukan saat pesta (marhobas) dilakukan secara bersama saling membantu kemudian untuk kepentingan umum memperbaiki jalan.

Wujud nyata yang dilakukan

Marharoan bolon (gotong toyong) juga sebagai wadah untuk membina dan meningkatkan persatuan dan kekompakan tanpa memandang agama,suku,ras dan golongan.
Hal ini mendapat perhatian dari massarakat pemerintah serta dunia usaha.
Hal ini yang diharapkan  Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan H.Zony Waldi selaku Bupati dan Wakil bupati Simalungun.
Sesuai data dari dinas Pekerjaan umum dan tata ruang (PUTR) Kabupaten Simalungun panjang ruas jalan kabupaten 1.803,73 km kondisinya amat memprihatinkan alias rusak parah sulit dilalui kenderaan jika di musim hujan,
untuk mengatasi sementara program Haroan bolon pihak pemerintah bekerja sama dengan massarakat saling bergandeng tangan.

Anugerah PWI 2024
Pemberian Anugerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2024 Pada Hari Pers Nasional (HPN) di DKI Jakarta 16-20 Febuari kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH.MH adalah wujud nyata melaksanakan dan berhasil  Marharoan bolon .
Dengan memperbaiki fasilitas umum di kabupaten Simalungun,antara instansi pemerintah yaitu menggerakkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah kabupaten Simalungun dan massarakat.

Hadiah Tahun Baru
Setelah menerima Anugerah PWI 2024 Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH.MH terkesan menganggap itu hadiah Tahun Baru untuk pemerintah kabupaten Simalungun dengan wajah bersinar dan bergelora.
Bagaimana tidak bergelora di Awali ketika Radiapoh di daulat untuk melakukan semacam orasi di kantor PWI Pusat di gedung Dewan Pers 4 januari 2024 pengeras suara dihadapannya tidak berfungsi petugas tehnis pada acara ramah tamah dengan pengurus PWI dan juri serta panitia Anugerah PWI berusaha keras menggantikan alat pengefas tapi Radiapoh yang mengenakan pakaian adat Simalungun dengan lantang berkata “Sudahlah ini orang batak” pasti terdengar  suara saya disambut tepuk tangan berkepanjangan peserta yang hadir.
Itu pembuktian betapa bergeloranya Bupati Simalungun yang lahir di Tigarunggu kecamatan Purba kabupaten Simalungun 18 Januari 1968.
Ketika pemberian Anugrah PWI Pada HPN 2024 kepada Bupati Simalungun,Radiapoh mengatakan  ini merupakan pemicu bagi pemerintah kabupaten Simalungun untuk maju dan berbenah diri.
Saat di gedung PWI pusat dan gedung Dewan Pers orang Nomor satu di Tano Habonaron do Bona menceritakan secara singkat gerakan Haroan yang baru dilaksanakan.
[3/4 17.25] surati:  Pembuktian betapa bergeloranya Bupati Simalungun yang lahir di Tigarunggu kecamatan Purba kabupaten Simalungun 18 Januari 1968.
Ketika pemberian Anugrah PWI Pada HPN 2024 kepada Bupati Simalungun,Radiapoh mengatakan  ini merupakan pemicu bagi pemerintah kabupaten Simalungun un tuk maju dan berbenah diri.
Saat di gedung PWI pusat dan gedung Dewan Pers orang Nomor satu di Tano Habonaron do Bona menceritakan secara singkat gerakan Haroan bolon adalah simbol kebersamaan massarakat Simalungun dimanapun mereka berada yang intinya bersatu padadu untuk membangun kampung halaman yang pada gilirannya juga membangun bangsa dan Negara.

Sementara itu dalam Karier Politik dan pekerjaan Sebelum menjadi Bupati Simalungun, adalah , sebagai
Komisaris Perseroan PT.Prima Karya Asih (2010-2017)
Komisaris Utama PT.Bayu Pariama Batam (2016-sekarang)
Bupati Simalungun (2021-sekarang

Organisasi
Wakil ketua Laskar Merah Putih (1982-1985)
Ketua Paguyuban marga Sinaga Parsadaan pomparan toga Sinaga dohot boru(PPTSB) Wilayah Provinsi Riau (2016-2020)
Anggota Majelis Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) 2015-2020). (Penulis Surati)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *