Bupati Tapsel Kembali Ajak Masyarakat Tingkatkan Sektor Pertanian

  • Bagikan
Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu saat menghadiri pengajian BKMT di Masjid Sri Alam Dunia, Kelurahan Sipirok Godang, Kec.Sipirok, Minggu (11/9). beritasore/Birong RT
Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu saat menghadiri pengajian BKMT di Masjid Sri Alam Dunia, Kelurahan Sipirok Godang, Kec.Sipirok, Minggu (11/9). beritasore/Birong RT

TAPSEL (Berita): Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu kembali mengajak masyarakat agar  meningkatkan sektor pertanian terutama dengan tanaman Holtikultura dan TOGA.

Dolly mengatakan, tanaman holtikultura maupun Toga seperti, bawang merah, bawang putih dan cabai merupakan bahan kebutuhan setiap rumah tangga, bahkan dari segi harga juga termasuk stabil.

” Misalkan lahan kita ditanam seperti jenis ini, tentu kita sudah bisa menyuplai paling sedikit daerah Tabagsel.

Dan ini telah membuat keuntungan bagi para petani Tapsel, ” ujarnya saat menghadiri pengajian BKMT di Masjid Sri Alam Dunia, Kelurahan Sipirok Godang, Kec.Sipirok, Minggu (11/9).

Apalagi di tengah masa sulit seperti ini, menurut Dolly, pihaknya dengan Dinas Pertanian tengah berupaya menggenjot sektor pertanian guna memulihkan perekonomian dengan cara mengelilingi Tapsel guna mencari kendala bagi para petani di lapangan.

Misalkan, seperti masalah langkanya pupuk, permodalan serta harga jual tani rendah dan ini cukup menyita perhatian mulai dari pemerintah daerah hingga pusat,” tuturnya.

Saat ini, ucap Dolly, pihaknya tengah menangkar bibit dari tiga tanaman tersebut, dari 1 hektar yang ditangkar telah menghasilkan 15 Ton bibit. Kemudian, bibit tersebut disebar lagi ke petani lain untuk ditanam kembali. Begitu juga di Kecamatan Batang Angkola.

Sedangkan di Kecamatan Arse dan Saipar Dolok Hole, sambungnya, mereka saat ini tengah dijajaki untuk menanam jagung, dalam hal ini pihaknya terus mencari offtaker yang mau menampung jagung tersebut dengan harga yang pas,” pungkasnya.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *