BBPLK Medan Terapkan Pelatihan Online

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Pelaksanaan pelatihan pada masa pandemi Covid-19 memerlukan model pelatihan yang sesuai guna tetap mendukung kebijakan social distancing yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

Terkait hal ini, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan mengembangkan model pelatihan online, sehingga masyarakat dapat mengakses pelatihan di rumah.

Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, SS, MA, PhD menyebutkan, pelatihan online ini terlaksana berkat kerjasama antara BBPLK Medan dan Ajar Hospitality sebagai penyedia platform dan konten pelatihan.

“Model pelatihan yang telah dikembangkan ialah pelatihan pariwisata yang meliputi receptionist, room attendant, laundry attendant, bell boy, telephone operator, dan public area cleaner,” jelas M Ali kepada Waspada, Sabtu (28/3) di kantor BBPLK Medan Jl. Gatot Subroto Km 8.

Dijelaskan Ali, sasaran utama dari pelatihan online ini ialah para pekerja industri perhotelan yang dirumahkan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Covid-19.

“Para pekerja industri perhotelan dapat mengikuti pelatihan melalui skema kartu pra kerja, sehingga diharapkan para pekerja tersebut dapat meningkatkan pengetahuan mengenai jabatan yang ditekuni dan ketika kembali bekerja dapat menerapkan kompetensi yang telah dipelajari di tempat kerja masing-masing,” ujar Ali.

Untuk mengikuti pelatihan online ini, tambah Ali, beberapa persyaratan calon peserta yakni umur minimal 18 tahun, sehat jasmani & rohani, berstatus pekerja hotel dengan jabatan sesuai dengan pelatihan online yang dipilih. Memiliki atau dapat menggunakan perangkat untuk mengakses internet.

Pelaksanaan pelatihan online direncanakan pada bulan April 2020. Adapun alur pendaftaran akan dipublikasikan di media sosial BBPLK Medan.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan online ini diimbau untuk mengikuti media sosial BBPLK Medan di Instagram BBPLK dan Facebook BBPLK. (att)

Berikan Komentar
  • Bagikan