Pemkab Batubara Kick Off Meeting RAD

  • Bagikan
Berita Sore/alirsyah Pj Bupati Batubara diwakili Asisten II Bambang Hadisuprapto membuka kegiatan Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) di Aula Kantor Bupati, Kecamatan Lima Puluh Rabu (8/5/2024).

BATUBARA (Berita): Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E. M.M diwakili Asisten II Bambang Hadisuprapto membuka kegiatan Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) di Aula Kantor Bupati, Kecamatan Lima Puluh Rabu (8/5/2024).

RAD Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (TPB/SDG’s) Kabupaten Batubara Tahun 2024–2026 dan evaluasi TPB/SDG’s tahun 2023 di Aula Kantor Bupati, Kecamatan Lima Puluh Rabu (8/5/2024).

Asisten II, mewakili dan atas nama Pemerintahan Kabupaten Batubara Bambang Hadisuprapto mengucapkan terimakasih atas kerjasama dengan pihak Universitas Sumatera Utara (USU), sumbangsih pemikiran dari seluruh pihak yang terlibat berperan serta berpartisipasi secara intensif.

Pemerintah Kabupaten Batubara berkomitmen melaksanakan TPB/SDG’s dan mencapai target yang ditetapkan tahun 2030.

Memasuki delapan tahun terakhir dalam periode “Decade Of Action” salah satu upaya pencapaian SDG’s adalah perumusan perencanaan untuk lima tahun yang dituangkan pada dokumen rencana aksi TPB/SDG’s serta pengarusutamaan SDG’s
RPJMD 2024-2026.

Rencana aksi TPB/SDG’s dan rencana aksi daerah sampai dengan 2030, maka dilakukan kajian sesuai dengan perkembangan global, ketersediaan data nasional dan daerah. Dokumen TPB/SDG’s Indonesia juga merupakan dokumen acuan untuk menentukan capaian indikator TPB/SDG’s secara regular di Kabupaten Batubara.

Penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan TPB/SDG’s merupakan acuan untuk mengukur pencapaian TPB/SDG’s di Kabupaten Batubara.

Kajian ini menjadi rujukan dalam penyusunan rencana aksi daerah TPB/SDG’s bagi pemerintah daerah dan dapat diselaraskan dengan dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sesuai masa jabatan kepala daerah serta keaktifan kita membantu men-support data yang diperlukan peneliti.

Sementara tenaga ahli SDG’s dari USU Wahyu Ario Pratomo, SE, MEc mengatakan dari 4 platform dalam pelaksanaan SDG’s harus ada kolaborasi antara Pemerintah dan parlemen, akademisi dan pakar, filantropi dan pelaku usaha, ormas dan media.

Disarankannya, teknis penyusunan renaksi TPB/SDG’suntuk membentuk sebuah tim dari masing-masing OPD.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *