Perkuat Hubungan Bilateral, Dubes India ke Banda Aceh dan Sabang

  • Bagikan
Berita Sore/ist Dubes India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty (tengah) didampingi India di Medan Shubham Singh (kiri) menanam pohon di Aceh dalam kunjungannya 5-8 Desember 2023.

BANDA ACEH (Berita): Duta Besar Sandeep Chakravorty, Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste mengunjungi Aceh dari 5-8 Desember 2023.

Di Aceh, beliau mengunjungi Banda Aceh dan Sabang. Di Banda Aceh, Duta Besar Chakravorty, didampingi Konsul Jenderal (Konjen) India di Medan Shubham Singh, memulai diskusi tentang Inisiatif Konektivitas Pulau Andaman dan Nicobar-Aceh.

Dalam pertemuan dengan Mayor Jenderal (Purn.) Achmad Marzuki, Gubernur Aceh, keduanya membicarakan pokok-pokok pembahasan melibatkan pertimbangan substansial untuk pengembangan pelabuhan dan inisiatif pelatihan keterampilan.

Engagement diplomatik berlanjut di Universitas Syiah Kuala, di mana Duta Besar Chakravorty bertemu dengan Rektor, Prof Dr Ir Marwan, dan aktif berinteraksi dengan mahasiswa.

Tonggak penting dari kunjungan ini adalah penandatanganan formal Nota Kesepahaman (MoU) di Universitas Syiah Kuala, mendirikan Kursi Dewan Hubungan Kebudayaan India (ICCR). Inisiatif ini mencakup rencana untuk seorang profesor tamu terkemuka dari India memberikan kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selama kunjungannya di Banda Aceh, Duta Besar Chakravorty juga mengunjungi Pusat Pelatihan Vokasional untuk Konstruksi dan Kinder Hut Special Home. Kedua lembaga penting dalam memajukan keterampilan dan memberikan tempat perlindungan bagi anak-anak yang terkena dampak tsunami 2004. Selain itu, beliau menjelajahi Museum Tsunami, memperdalam pemahamannya tentang konteks lokal.

Duta Besar Chakravorty juga bertemu dengan Wali Nangroe Aceh, Tengku Malik Mahmud Al-Haythar, terlibat dalam diskusi berwawasan tentang sejarah Aceh dan hubungannya dengan India.

Kunjungannya meluas ke Kuil Palani Andawer di Banda Aceh, satu-satunya kuil Hindu di Aceh, yang melambangkan upaya kolaboratif komunitas India di Indonesia dan Malaysia.

Memperluas cakupan misinya, Duta Besar Chakravorty melanjutkan ke Sabang, di mana beliau bertemu dengan Wali Kota Reza Fahlevi untuk membahas masa depan Sabang dalam inisiatif konektivitas

Pulau Andaman & Nicobar – Aceh. Inspeksi di pelabuhan CT3, studi kelayakan bersama untuk pengembangan yang dilakukan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan Rail India Technical and Economic Service (RITES) India pada tahun 2022. Diskusi di kantor BPKS di Sabang mencakup masalah terkait pariwisata, budaya, perdagangan, dan infrastruktur.

Engagement diplomatik komprehensif ini menegaskan komitmen untuk memperkuat upaya bilateral antara India dan Indonesia.

Duta Besar Chakravorty menjabat sebagai Duta Besar India untuk Indonesia pada 14 Agustus 2023. Ini adalah kunjungan pertamanya ke Aceh. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *