Tokoh Aktivis 98 : Empat Nama Potensial Maju di Pilgub Sumut 2024

  • Bagikan
Tokoh aktivis 98 Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Ikhyar Velayati
Tokoh aktivis 98 Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Ikhyar Velayati

 

Medan – Tokoh aktivis 98 Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Ikhyar Velayati mengatakan, meski pemilihan gubernur (Pilgub) Sumut baru akan berlangsung sekitar satu setengah tahun lagi, atau tepatnya 24 November 2024, namun konstalasi politik pertarungan menuju Sumut 1 mulai panas dan dinamis.

Ikhyar Velayati memprediksi, ada empat nama yang populer dan potensial untuk maju dalam Pilgub Sumut 2024. Ia mengatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, yang keduanya akan berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023, akan sama-sama maju untuk memperebutkan Sumut 1.

“Keduanya (Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah -red) sudah menyatakan siap maju ke publik. Dan prediksi kita jika pada Pilgub Sumut 2018 mereka berpasangan, di Pilgub Sumut 2024 mereka akan pecah, karena sama-sama mengincar calon gubernur,” ujar Ikhyar, Sabtu (28/5) di Medan.

Dua nama lainnya yang potensial maju sebagai calon gubernur di Pilgub Sumut 2024, sebut Ikhyar, yakni Wali Kota Medan Bobby Nasution dan mantan Wali Kota Medan H Rahudman Harahap.

“Jika kita melihat dari aspek popularitas dan elektabilitas, hanya empat nama itu menurut saya yang potensial maju dan di usung oleh parpol dalam Pilgub Sumut 2024, yakni incumbent Edy Ramayadi dan Musa Rajekshah, Wali Kota Medan Bobby Nasution dan mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap,” ungkap Ikhyar.

Ikhyar kemudian menjelaskan kegiatan politik empat tokoh tersebut massif di berbagai media.

“Coba lihat kwantitas dan kwalitas pemberitaan kerja-kerja politik keempat tokoh ini di media, baik itu di medsos, media online maupun media cetak, sangat menonjol,” jelasnya.

Menurut Ikhyar, bukan hanya aspek peliputan media semata, tetapi jabatan yang sedang dan pernah di emban saat ini membantu pengenalan masyarakat terhadap tokoh tersebut.

“Selain peliputan media yang massif, ke empat tokoh ini paling di kenal dan populer karena sedang menjabat dan pernah menjabat posisi strategis, dan itu sangat membantu popularitas dan elektabilitas para tokoh ini, siapa yang tidak kenal dengan Edy Ramayadi, Ijeck, Bobby Nasution dan mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap, yang pernah membuat Medan bersih dan tertata,’ kata Ikhyar.

Ikhyar yakin , partai politik juga akan mengutamakan mengusung kadernya sendiri di Pilgub Sumut 2024. Dan, ke empat tokoh inipun sangat potensial maju karena merupakan magnet suara dan vote getter bagi partainya.

“Saya yakin, partai politik akan lebih mendahulukan kader potensialnya untuk diusung di banding tokoh di luar partai. Ijeck misalnya, kita yakin akan didukung Golkar, Bobby dengan PDIP, Rahudman dengan Nasdemnya, dan tentu saja Edy sebagai incumbent akan jadi rebutan partai untuk mengusungnya,” papar Ikhyar.

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *