Perbankan Sumut Salurkan Kredit UMKM Rp 59,8 Triliun

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Per Juni 2021 perbankan di Sumatera Utara telah menyalurkan kredit/pembiayaan kepada UMKM dengan outstanding sebesar Rp. 59,8 Triliun atau tumbuh 2,5 persen yoy disertai pertumbuhan rekening peminjam kredit UMKM yang lebih tinggi yaitu sebesar 9,11 persen yoy.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara Untung Santoso mengatakan hal itu pada acara “Bareng OJK Bincang Bincang Melek Finansial (Bobba Masal)” Jumat (27/8) secara virtual yang digelar OJK KR 5 Sumbagut.

Adapun tema Bobba Masal yang diangkat pada seri kesembilan kali ini yakni “Pentingnya Pengusaha Cerdas Finansial”.

Untung kepada wartawan Rabu (1/9) mengatakan OJK terus mendorong perbankan agar lebih mengoptimalkan penyaluran kredit sehingga lebih banyak lagi UMKM yang dapat menikmati kredit usaha produktif.

Menurut Untung,  tema ini sangat penting bagi pelaku usaha untuk paham aspek-aspek finansial agar dapat membangun bisnis secara berkesinambungan.

Di samping itu disampaikan juga bahwa sektor jasa keuangan Indonesia tetap stabil dan bertumbuh meskipun di tengah kondisi pandemi. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi 2,8 juta UMKM yang ada di Sumatera Utara.

“OJK bersama perbankan juga telah menginisiasi program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) untuk mencegah masyarakat mengakses kredit/pembiayaan non formal/rentenir sekaligus meningkatkan akses kredit/pembiayaan pada lembaga keuangan formal berizin dari OJK yang lebih efisien,” tambah Untung.

Webinar edukasi keuangan kali ini menghadirkan 2 orang narasumber. Narasumber pertama adalah Wiko Sucipto selaku Profesional Asisten Manager Divisi ritel PT Bank Sumut, dimana dalam materinya Wiko menyampaikan materi mengenai Kredit Sumut Bermartabat yang diperuntukkan bagi Pelaku UMKM termasuk didalamnya penjelasan mengenai persyaratan, kriteria UMKM, serta sasaran sektor usaha mana yang dapat diberikan kredit.

Narasumber kedua dalam kegiatan webinar kali ini adalah Ken Handersen yakni seorang Qualified Wealth Planner sekaligus Founder of Gatherich.

Ken Handersen menyampaikan materi mengenai Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan dan Bagaimana Cara mengelola Keuangan Bagi UMKM serta Resiko Bisnis Yang mungkin terjadi kedepannya.

Selain itu, Ken juga menyampaikan beberapa tips terkait Pemasaran Kreatif, Pemafaatan keuntungan usaha, dan Kemampuan Usaha beradaptasi dalam segala resiko dan perubahan. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *