Konsul AS Resmikan EducationUSA di UMSU

  • Bagikan
Berita Sore/laswie wakid Konsul AS Bernard Uadan (dua kanan), Rektor UMSU Profesor, Dr.Agussani (dua kiri), KadisPendidikan Sumatera Utara Ir Abdul Harus Lubis, MSi (paling kanan) dan Kepala LLDikti Sumut Drs Syaiful Anwar Matondang, MA, PhD (paling kiri) usai menggunting pita peresmian gedung EducationUSA Center baru di Kampus UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan Kamis (2/5/2924).

MEDAN (Berita): Konsul Amerika Serikat Bernard Uadan membuka secara resmi EducationUSA Center baru di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan Kamis (2/5/2024).

Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Konsul AS, Rektor UMSU Profesor, Dr.Agussani, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Ir Abdul Harus Lubis, MSi dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Drs Syaiful Anwar Matondang, MA, PhD.

Kanto EducationUSA ini merupakan ketujuh di Indonesia yang akan memberikan layanan konsultasi yang komprehensif dan obyektif kepada mahasiswa Indonesia di seluruh Sumatera yang ingin mengejar pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

“Kantor baru ini terbuka untuk umum dan semua layanannya tidak dipungut biaya,” kata Konsul Bernard Uadan.

Kepada wartawan usai meresmikan kantor, Konsul AS mengakui sangat senang mengumumkan pembukaan EducationUSA Center di Medan pada peringatan 75 tahun hubungan bilateral antara AS dan Indonesia

Kehadiran EducationUSA Center ini akan memperluas upaya pemerintah AS menjangkau masyarakat Sumatera, melalui kemitraan dengan UMSU ini.

“Kami berharap dapat memfasilitasi para siswa di Medan dan seluruh Sumatera dengan panduan dan informasi untuk mengakses peluang pendidikan berkelas dunia di Amerika Serikat,” tambah Konsul Bernard.

Peresmian kantor ini diikuti oleh sesi informasi tentang EducationUSA di auditorium UMSU, dihadiri oleh sekitar 100 pemangku kepentingan pendidikan di Sumatera Utara.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Profesor Agussani mengatakan “Kami sangat senang dapat menjadi bagian EducationUSA center di Medan. Kemitraan ini sejalan dengan visi dan misi kami dalam memberikan akses pendidikan yang mengacu pada taraf internasional kepada mahasiswa dan pelajar kami guna mempersiapkan mereka untuk bersaing dalam dunia global.” katanya.

Dengan mengedepankan kesepahaman dan keunggulan akademik, kantor ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

EducationUSA menyediakan layanan konseling gratis bagi calon mahasiswa internasional dan menawarkan bimbingan untuk membantu mengatasi lima langkah studi di Amerika Serikat: mencari informasi tentang sekolah, mengidentifikasi peluang
bantuan keuangan, mengisi aplikasi, mendapatkan visa pelajar, dan mempersiapkan keberangkatan.

Terdapat lebih dari 4.700 institusi pendidikan tinggi yang terakreditasi di Amerika Serikat, dan penasihat EducationUSA dapat membantu mahasiswa mempersempit pilihan mereka, menentukan prioritas, dan merencanakan karier kuliah mereka.

Di Indonesia, terdapat delapan pusat EducationUSA yang berlokasi di Banda Aceh, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, dan Surabaya.

Jika Anda ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang EducationUSA atau studi di Amerika Serikat, silakan kunjungi situs web resmi mereka di http://www.educationusa.state.gov. Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi kami melalui email di mailto:TanjayaC@state.gov atau melalui nomor ponsel tel:+62811652748.

Konsul AS berharap dengan adanya EducationUSA ini maka hubungan kedua negara makin baik.

Konsul Uadan menambahkan jumlah siswa yang melanjutkan studi ke Amerika Serikat cukup besar terlebih dari negara-negara kecil
Jumlah mereka yang studi ke AS cukup besar, bahkan berasal dari negara – negara kecil.

“Sehingga kami berharap negara besar seperti Indonesia dapat lebih banyak studi ke AS di bawah bimbingan pengetahuan dari EducationUSA,” katanya.

Rektor Profesor Dr Agussani mengatakan
ini sebuah amanah luar biasa atas kepercayaan Konsulat kepada UMSU.
Kita senantiasa siap. Ke depan info untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri khususnya ke AS makin paham.

“Kami tak sangka dapat kerjasama ini utk menjembatani pendidikan tingkat menengah dan Perguruan Tinggi,” katanya. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *