Mei 2023, Kredit Perbankan Sumut Kontraksi 2,40 Persen

  • Bagikan
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim

SABANG (Berita): Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) mencatat, penyaluran kredit perbankan pada Mei 2023 secara umum mengalami perlambatan.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim mengatakan hal itu kepada wartawan di Sabang, Aceh Sabtu (24/6). Saat itu Ibrahim didampingi Kepala Divisi Implementasi Kebijakan Keuangan Daerah BI Sumut Poltak Sitanggang.

Pada Mei 2023, kredit perbankan di Sumut terkontraksi sebesar -2,40 persen yoy (Rp248,7 triliun) dan melambat dari April 2023 sebelumnya sebesar -0,87 persen yoy (Rp252,6 triliun).

 “Kredit modal kerja dan kredit investasi masih tumbuh melambat sejalan dengan permintaan akan kredit yang masih rendah,” katanya.

Namun, di sisi lain, kredit konsumsi menunjukkan peningkatan dari April 2023 menjadi sebesar 7,47 persen (yoy) pada Mei 2023.

Ibrahim menuturkan, dari sisi sektoral, penyaluran kredit pada sektor Perdagangan Besar dan Eceran (PBE) masih mencatatkan pertumbuhan positif. Di satu sisi, kredit ke sektor Pertanian, Industri Pengolahan dan Konstruksi masih terbatas.

 “Ketahanan perbankan tercatat tetap kuat didukung risiko kredit yang terjaga. Pada April 2023, NPL kredit perbankan di Sumut tetap terjaga di level 2,53 persen,” ungkapnya.

Dari sisi penggunaan, risiko kredit mengalami sedikit kenaikan namun masih berada pada level terjaga pada kredit konsumsi dan kredit investasi. Dari sisi sektoral, kenaikan tersebut juga terjadi pada sektor pertanian, PBE, dan konstruksi.

Meskipun demikian, imbuhnya, kenaikan risiko kredit tertahan oleh penurunan kredit modal kerja (dari sisi penggunaan) dan penurunan kredit industri pengolahan (dari sisi sektoral).

Tetap terjaganya risiko kredit disertai dengan penurunan kredit restrukturisasi serta terjaganya risiko kredit likuiditas di level nasional dengan rasio AL/DPK nasional sebesar 26,58 persen. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *