Pasar Malam Sarakmatua Berhadiah Boneka, Deterjen Dan Minyak Makan

  • Bagikan
Pengunjung membludak di Pasar Malam Sarakmatua. Di arena permainan mendapat hadiah berupa minyak makan, boneka, gelas, deterjen. beritasore/Ist

PANYABUNGAN (Berita): Pasar Malam Sarakmatua, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal, membludak.

Dari arena permainan, jika menang dapat hadiah berupa boneka, deterjen dan minyak makan.

Informasi dihimpun waspada.id dan beritasore.co.id di lapangan, Kamis (27/4) malam, ada dua faktor yang menjadi sorotan tajam belakangan ini.

Pertama, pasar malam di Madina, seperti di tempat lain menjadi hiburan rakyat dengan menyedot animo sangat tinggi, mampu menyerap tenaga kerja tidak sedikit dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Kedua, Pasar Malam Sarakmatua disorot, karena ada yang mensinyalemen pasar malam ini bernuansa judi.

Lho. Ini menjadi perdebatan di sejumlah kalangan terbatas. Benarkah ?

Seusai salat maghrib, langsung menuju arena Pasar Malam Sarakmatua, berlokasi di pinggir jalan besar tak jauh dari Mapolres Madina.

Benar saja, animo masyarakat Madina sangat tinggi. Pengunjung berdatangan, terus berdatangan, belakangan malah membludak. Pengunjung datang dari berbagai penjuru, bukan saja dari sekitar Panyabungan.

“Saya datang dari Laru, Kec. Tambangan. Jaraknya sekira 36 km ke Pasar Malam Sarakmatua ini. Kami bersama keluarga naik berboncengan empat sepedamotor,” ujar Rahmad.

Menurut dia, belum ada pasar malam seperti ini, yang sangat layak menjadi hiburan rakyat.

“Menurut saya, pola seperti ini perlu dipertahankan, kalau perlu berpindah dari lokasi ke lokasi lain di Madina,” katanya.

Pantauan di pasar malam ini, terdapat sejumlah wahana menarik. Ada pula sejumlah tempat permainan.

Mereka yang beruntung dapat hadiah mulai dari boneka, deterjen, minyak makan.

“Ini permainan lempar gelang. Pengunjung bisa ambil delapan gelang seharga Rp10 ribu, begitu dilemparkan kena, dapat hadiah,” ujar Eni, karyawan pasar malam warga sekitar, Lumbanpasir.

Keberadaan pasar malam ini menyedot tenaga kerja dan aktivitas anak-anak muda sekitar pasar malam, khususnya warga Sarakmatua dan Lumbanpasir. Warga memperkirakan, masyarakat sekitar memberi lapangan kerja sekira 80 orang.

Selain itu, perekonomian masyarakat sekitar terdongkrak, khususnya pedagang makanan dan minuman.

“Alhamdulillah, adanya pasar malam ini mendapat penghasilan sangat lumayan,” ujar ibu pedagang makanan dan minuman di sekitar lokasi.

Roy, pihak pengelola Pasar Malam Sarakmatua, menjelaskan, fasilitas mereka ada sejumlah wahana dan permainan.

Dijelaskannya, wahana dimililiki baling-baling raksasa, tong setan, kora-kora, istana balon, trompolin, kuda putar, ombak, kereta api mini.

“Sedangkan permainan berupa lempar gelang, lempar kaleng, boyling. Semua pemenang mendapat hadiah, bisa berupa minyak goreng, boneka, gelas, deterjen, rokok dan makanan ringan,” ujar Roy.

Ketika ditanya, hadiahnya tidak dapat uang ? Dia tersenyum sambil menggeleng. “Hadiahnya cuma itu,” katanya. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *