Ketua MPR RI Apresiasi Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba

  • Bagikan

SAMOSIR (Berita): Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi pelaksanaan ajang balap air internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 22-26 November 2023.

Menurut Bamsoet dalam rilisnya kepada media di Jakarta Jumat (24/11) Aquabike Jetski World Championship 2023 merupakan kejuaraan balap air internasional kedua yang diselenggarakan di Danau Toba.

Sebelumnya, sukses digelar F1Powerboat World Championship pada bulan Februari 2023 di Danau Toba.

“Melalui ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 akan semakin memperkenalkan pariwisata Danau Toba di mata dunia sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Selain meningkatkan sport tourism serta memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia, khususnya masyarakat sekitar Danau Toba,” ujar Bamsoet di Danau Toba, Sumatera Utara, Jumat (24/11).

Bamsoet yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menjelaskan, pemilihan Danau Toba sebagai tempat penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Indonesia sangat tepat.

Karena Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Dan, tahun ini Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Aquabike Jetski World Championship yang telah diselenggarakan di 40 negara.

“Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba diikuti oleh 118 riders dari 22 negara.

Selain itu ada empat atlit lokal yang mengikuti ajang ini di kategori endurance, yakni Kanina Ramadhina, Hilman Kurniawan, Lucky Limanjaya, dan Makaio Wymlie.

Event ini rencananya akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga tahun 2027,” kata Bamsoet.

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten disekitar Danau Toba, yaitu Kabupaten Toba, Karo, Dairi dan Samosir.

Lomba balap air yang berlangsung selama lima hari itu dibagi menjadi dua kategori, yakni endurance world championship (endurance) dan circuit world championship (circuit).

“Hari pertama hingga ketiga dilangsungkan lomba balap air kategori endurance di Kabupaten Karo, Dairi, dan Samosir.

Kategori ini akan diadakan di sirkuit tertutup sepanjang tiga kilometer. Sementara hari keempat dan kelima digelar lomba balap air kategori circuit di Balige, Toba.

Ada lima kelas yang dipertandingkan, yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom,” urai Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, Aquabike Jetski World Championship 2023 juga dibarengi oleh Pesta Rakyat yang digelar dari tanggal 22-26 November 2023.

Pesta Rakyat dilaksanakan satu lokasi dengan penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Pesta Rakyat terbesar di Danau Toba ini akan diisi berbagai acara mulai dari panggung hiburan, pertunjukan budaya hingga pameran UMKM.

“Sejumlah acara yang memeriahkan Pasar Rakyat antara lain pagelaran budaya Batak, pameran UMKM, parade lomba solu, kayak, stand up paddle, solu mesin dengan peserta masyarakat lokal, peresmian Totem secara adat, bakar ikan serta kompetisi solu bolon 8 kabupaten. Selain itu ada pula penampilan artis nasional Armada Band, Marsada Band, artis-artis lokal dan kegiatan diplomatic tour,” pungkas Bamsoet. (Rms)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *