Baznas Berkunjung, Rencanakan Bangun Rumah Kakek Lumpuh

  • Bagikan
Amir Mahmud Lubis, Wakil Ketua I Baznas Madina yang juga menjadi tim ini mengunjungi Kekek Deling, kakek lumpuh sebatangkara.beritasore/Ist

MADINA (Berita): Alhamdulillah, tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Madina turun langsung melihat dan membantu Kakek Deling, 77, di gubuk 2×3 meter di ‘pengasingan’ yang menderita lumpuh sebatangkara di Desa Jambur Padangmatinggi, Kec. Panyabungan Utara, Kab. Madina, Jumat (28/4).

“Menjelang sore, kami mengunjungi salah satu warga kita di Jambur Padangmatinggi.

Tim kecil Baznas Madina melihat dan membantu kakek lumpuh hidup di ‘pengasingan’.beritasore/Ist

Hidup sendirian di gubuk kecil dibangun warga,” ujar Amir Mahmud Lubis, Wakil Ketua I Baznas Madina yang juga menjadi tim kecil ini.

Dia mengungkapkan, makan dan minum bergantung belas kasih masyarakat setempat.

Buang hajat tergantung warga jika ada yang kebetulan lewat depan gubuknya.

“Kami menghubungi Pj. Kades Jambur Padangmatinggi mendiskusikan upaya komprehensif untuk menyelesaikan persoalan ini,” ujar Amir Mahmud Lubis.

Ternyata, mantan pengacara ini mengungkapkan, kakek 75 tahun ini tidak lagi memiliki dokumen kependudukan.

“Kami minta Pak Pj. Kades siapkan surat keterangan domisili agar aspek hukum penyaluran terpenuhi. Alhamdulillah, sudah selesai dibuat. Sekdes menyiapkan sore itu juga,” katanya.

“Bantuan darurat untuk biaya hidup satu pekan telah kami berikan secara pribadi.

Selasa nanti kami bahas bantuan yang tepat berdasarkan usulan komprehensif yang kami minta dibicarakan oleh Pj. Kades dengan kemenakan Kakek lumpuh tersebut,” tambahnya.

Amir Mahmud Lubis mengungkapkan, dibutuhkan lebih banyak kolaborasi untuk menyelesaikan masalah warga, terutama masalah dialami fakir absolut seperti warga Jambur Padangmatinggi ini.

Bangun Rumah Kakek

Ketika dikonfirmasi, Pj Kades Jambur Padangmatinggi Mukhlis Lubis, SH mengungkapkan, sudah bertemu dengan Baznas dan berdiskusi membantu Kakek Deling.

Pj Kades menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan surat keterangan domisili dan kemudian diserahkan ke Baznas.

“Saya juga sudah koordinasi dengan Pak Camat, kita bersama Baznas, insya Allah Rabu akan membantu Kakek Deling lebih komprehensif.

Salah satunya akan membicarakan membangun rumah kecil di dekat pemukiman, biarpun hanya satu kamar,” ujar Pj Kades Jambur Padangmatinggi Mukhlis Lubis, SH. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *