Undhar Perkenalkan Mahasiswa Baru Budaya dan Visi Kampus

  • Bagikan
Teks foto: Berita Sore/aje Mahasiswa baru Undhar mengikuti PKKMB untuk mengenal lingkungam perkuliahan dan visi perguruan tinggi tersebut di kampus Jalan KL Yos Sudarso Medan, Sabtu 16 September 2023.
Teks foto: Berita Sore/aje Mahasiswa baru Undhar mengikuti PKKMB untuk mengenal lingkungam perkuliahan dan visi perguruan tinggi tersebut di kampus Jalan KL Yos Sudarso Medan, Sabtu 16 September 2023.

MEDAN (Berita): Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Dharmawangsa (Undhar) 2023/2024 diisi dengan berbagai kegiatan untuk lebih mengenal lingkungan kehidupan perkuliahan di perguruan tinggi tersebut.

“Kami berharap pengenalan kampus bagi mahasiswa baru di awal setiap tahun ajaran ini, bukan hanya mengenal Dharmawangsa dan ruang-ruang kelas yang nanti akan dimasuki saat perkuliahan. Namun lebih dari itu, melalui kegiatan ini kami ingin para mahasiswa mengenal budaya, dan visi misi Universitas Dharmawangsa,” kata Rektor Undhar Dr H Zamakhsyari bin Hasballah Thaib Lc MA di kampus Jalan KL Yos Sudarso Medan, Sabtu (16/9/2023).

Saat membuka kegiatan itu rektor menuturkan, mahasiswa baru sebaiknya mengetahui bagaimana sistem nilai yang harus melekat pada identitas setiap warga kampus.

Selain mengenal sistem perkuliahan, mahasiswa harus mengetahui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus untuk menampung kegiatan mahasiswa.

Ia berharap mahasiswa baru beradaptasi dengan segala aturan dan kebijakan yang berlaku di kampus Dharmawangsa, sehingga mereka diajarkan untuk menjadi yang disiplin dan taat aturan.

“Nah ketika nanti mahasiswa mulai mengikuti pembelajaran di awal tahun akademik, mereka bisa beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru di kampus ini,” katanya.

Rektor menyebut, melalui kegiatan ini Undhar ingin menyampaikan apa yang menjadi visi dari masing-masing fakultas, dan juga
universitas.

“Visi Undhar menjadi world class university yang unggul, terpercaya, berdaya saing dan berjaya entrepreurship tahun 2045,” sebut rektor.

Dikatakannya juga, melalui PKKMB ini Undhar menyadarkan mahasiswa akan tanggung jawabnya supaya tamat kuliah tepat waktu dan dimotivasi untuk mengasah potensi dan minat serta bakat yang dimiliki.

“Kami berharap mereka nantinya menjadi duta-duta terbaik kampus Dharmawangsa di bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya.

Masa pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Undhar diisi dengan materi sistem proses pembelajaran disampaikan Warek I Dr Rahmat Hidayat MA, sistem administrasi keuangan disampaikan Warek II Drs H Eddy Iskandar Ak MM, materi bidang kemahasiswaan disampaikan Warek III Muhammad Amri Nasution SE MSi. Hadir juga di acara itu Direktur Pascasarjana Undhar Prof Dr Kusbianto MHum.

Selain itu, masing-masing dekan dan kepala program studi menyampaikan visi, misi fakultas dan prodi. Sedangkan pengenalan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undhar diserahkan sepenuhnya kepada BEM Undhar, namun tidak ada unsur atau berbau perpeloncoan.

Amri Nasution yang juga ketua panitia menyebutkan kegiatan diikuti sekira 600 mahasiswa baru dari 6 fakultas dan 12 prodi yang ada di Undhar.

Menurutnya pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan yang rutin dilakukan dalam menyambut mahasiswa baru dianggap penting untuk menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, dan jiwa entrepreneurship.

Ia juga menuturkan, di Undhar ini mahasiswa bisa memilih UKM yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Ada UKM Klise bagi yang bertalenta seni, UKM Matahari bagi pencinta alam, sedangkan UKM Pedhas adalah Pers Dharmawangsa sebagai wadah jurnalistik mahasiswa.

Amri menyebut, di Undhar terdapat beberapa himpunan mahasiswa, yakni Himpunan Mahasiswa Hukum, Agama Islam, Akuntansi, Manajemen, D3 Akuntansi, Perikanan, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *