Mahasiswa Ikom Undhar Asah Kemampuan Reportase Jurnalistik

  • Bagikan
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Undhar bersama dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik dan Reportase foto bersama saat praktek liputan lapangan di Pasar Petisah Medan. beritasore/ist

MEDAN (Berita): Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Dharmawangsa (Ikom Undhar) mengasah kemampuannya untuk mencari informasi bermanfaat agar bisa disampaikan kepada masyarakat melalui sebuah berita.

“Bukan hanya teori yang mereka dapat di dalam kelas melainkan praktek lapangannya juga harus dikuasai,” kata Rektor Undhar Dr.H. Zamakhsyari Hasballah Thaib, Lc. MA, Senin (18/12/2023).

Menurut rektor, dengan peliputan langsung ke lapangan para mahasiswa bisa mengetahui bagaimana proses untuk pembuatan berita yang dimulai dari pengumpulan bahan, buat tulisan hingga ditayangkan.

Pada praktek tersebut, para mahasiswa melakukan peliputan berbagai kegiatan yang ada di pasar Petisah Medan.

Mereka ditugaskan untuk melakukan peliputan dan kemudian hasil liputan tersebut dibuat ke dalam bentuk berita.

Di bawah bimbingan langsung Dr Topan Bilardo, M.I.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut, sejumlah mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi semester lima Undhar melaksanakan praktek lapangan mata kuliah Jurnalistik dan Reportase.

Praktek jurnalistik itu dengan melakukan peliputan berbagai kegiatan yang ada di pasar Petisah Medan, Kamis (7/12/2023) lalu.

Dr Topan juga mengatakan kegiatan ini dapat mengasah kemampuan dan keberanian mahasiswa untuk berkomunikasi dengan orang yang belum pernah mereka kenal sebelumnya.

“Dengan teknik reportase yang sudah dipelajari sebelumnya dikelas, ini menjadi bekal mereka saat di lapangan,” ujarnya.

Menurutnya, praktek tersebut juga bisa menjadikan mahasiswa Prodi Ikom lebih berani bertemu dengan orang lain dan berkomunikasi langsung.

Ia pun mengharapkan mahasiswa Undhar ini nantinya dapat menjadi jurnalis-jurnalis kompeten yang bisa menjembatani informasi kepada masyarakat.

Dalam kegiatan itu hadir Dr. Haslinda, M.I.Kom dosen Undhar yang juga ikut mengawasi berlangsungnya kegiatan tersebut.

Haslinda menuturkan, tujuan dari praktek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa.

Dia melihat banyak mahasiswa prodi ilmu komunikasi ini yang tidak pandai berkomunikasi padahal dia mahasiswa komunikasi.

“Karenanya, refortase ini hendaknya bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik dan sempurna,” ucapnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini para mahasiswa tersebut dapat memberanikan dirinya berani berkomunikasi dengan orang lain. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *