Angkatan Udara AS dan RI Latihan Tempur Taktis Bilateral “Cope West 23”

  • Bagikan
Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Eric Broyles, komandan Skuadron Tempur ke-35, pada upacara pembukaan di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru Senin (12/6).beritasore/ist

JAKARTA (Berita): Personel dan pesawat dari 8th Fighter Wing Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan TNI Angkatan Udara akan mengikuti “Cope West 2023”, latihan tempur taktis bilateral di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru 12-23 Juni 2023.

Siaran pers yang diterima dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta Senin (12/6) mengatakan sekitar 100 personel Angkatan Udara AS akan turut serta dalam latihan lapangan bersama personel TNI AU. Enam pesawat F-16 Angkatan Udara AS dan 7 pesawat TNI AU akan berpartisipasi dalam latihan tahun ini.

Peserta dari AS dan Indonesia akan melatih kemampuan tempur taktis, evaluasi kemahiran, identifikasi latihan masa depan, dan meningkatkan kemampuan lain yang terkait dengan berbagai misi bilateral.

“Terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proses perencanaan,” ujar Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Eric Broyles, komandan Skuadron Tempur ke-35, pada upacara pembukaan Senin, 12 Juni 2023.

“Butuh banyak usaha untuk sampai ke titik ini. Kami berterima kasih atas kesempatan untuk tumbuh bersama, baik dalam taktik maupun persahabatan.”

Angkatan Udara Pasifik, berkoordinasi dengan berbagai komponen, sekutu, dan para mitra, memberikan kemampuan udara, angkasa, dan ruang siber yang tak tertandingi bagi Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat untuk menegakkan tatanan internasional dan memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Cope West adalah latihan rutin yang pertama kali dilakukan pada tahun 1989. Tahun ini menandai kesepuluh kalinya Cope West diselenggarakan di Indonesia. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *