Putin Beri Edward Snowden Kewarganegaraan Rusia

  • Bagikan
Edward Snowden telah tinggal di Rusia sejak 2013 untuk menghindari penuntutan di AS setelah membocorkan secara rinci dokumen rahasia program pengawasan pemerintah (rtr)
Edward Snowden telah tinggal di Rusia sejak 2013 untuk menghindari penuntutan di AS setelah membocorkan secara rinci dokumen rahasia program pengawasan pemerintah (rtr)

MOSKOW (Berita): Mantan kontraktor Keamanan AS, Snowden, adalah salah satu dari 75 warga negara asing yang terdaftar dalam dekrit yang diberikan kewarganegaraan Rusia.

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada mantan kontraktor keamanan AS Edward Snowden , menurut sebuah dekrit yang ditandatangani oleh pemimpin Rusia itu.

Snowden adalah salah satu dari 75 warga negara asing yang diberikan kewarganegaraan Rusia oleh dekrit yang diterbitkan di situs web resmi pemerintah pada hari Senin (26/9/2022).

Pria berusia 39 tahun, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS, telah tinggal di Rusia sejak 2013 untuk menghindari penuntutan di Amerika Serikat setelah membocorkan dokumen rahasia yang merinci program pengawasan pemerintah.

Dokumen tersebut mengungkapkan operasi pengawasan domestik dan internasional yang dilakukan oleh Badan Keamanan Nasional.

Dia diberikan izin tinggal permanen pada tahun 2020 dan mengatakan pada saat itu bahwa dia berencana untuk mengajukan kewarganegaraan Rusia, tanpa melepaskan kewarganegaraan AS-nya.

Tahun itu, pengadilan banding AS menemukan bahwa program yang diekspos Snowden melanggar hukum dan bahwa para pemimpin intelijen AS yang secara terbuka membelanya tidak mengatakan yang sebenarnya.

“Setelah bertahun-tahun berpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak memiliki keinginan untuk berpisah dari anak-anak kami.

Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun di pengasingan, sedikit stabilitas akan membuat perbedaan bagi keluarga saya. Saya berdoa untuk  mereka dan untuk kita semua, ”tweet Snowden pada Senin.

Pihak berwenang AS selama bertahun-tahun ingin Snowden dikembalikan ke AS untuk menghadapi pengadilan pidana atas tuduhan spionase.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan pada hari Senin bahwa AS tidak mengetahui adanya perubahan dalam status kewarganegaraan Amerika Edward Snowden.

“Posisi kami tidak berubah. Tuan Snowden harus kembali ke Amerika Serikat di mana dia harus menghadapi keadilan seperti warga negara Amerika lainnya,” katanya.

“Satu-satunya hal yang telah berubah adalah bahwa sebagai akibat dari kewarganegaraan Rusianya, tampaknya sekarang dia mungkin akan menjalani wajib militer untuk berperang dalam perang acak di Ukraina.”

Langkah itu dilakukan pada saat hubungan antara Washington dan Moskow berada di titik terendah dalam sejarah atas konflik di Ukraina .

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, mengatakan kepada kantor berita negara Rusia RIA Novosti bahwa istri mantan kontraktor Lindsay Mills, seorang Amerika yang telah tinggal bersamanya di Rusia, juga akan mengajukan paspor Rusia.

Pasangan itu memiliki seorang anak pada Desember 2020, yang sudah memiliki paspor Rusia yang lahir di negara itu.

Snowden, yang tidak menonjolkan diri di Rusia dan sesekali mengkritik kebijakan pemerintah Rusia di media sosial, mengatakan pada 2019 bahwa dia bersedia kembali ke AS jika dia dijamin mendapatkan pengadilan yang adil.

Putin, mantan kepala mata-mata Rusia, mengatakan pada 2017 bahwa Snowden salah membocorkan rahasia AS tetapi bukan pengkhianat.

Putin pekan lalu mengumumkan mobilisasi pria Rusia untuk berkontribusi pada pertempuran militer di Ukraina dan Kucherena mengatakan Snowden tidak akan dipanggil untuk melayani karena dia tidak memiliki pengalaman sebelumnya di tentara Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sementara itu mengatakan kepada kantor berita bahwa Snowden telah menerima kewarganegaraan Rusia atas permintaannya sendiri. (aljzr/nwy)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *