OPEC+ Pangkas Produksi Minyak 2 Juta Barel Per Hari, AS Kecewa

  • Bagikan
Menteri Energi Oman Salim Al-Aufi di Wina (rtr)
Menteri Energi Oman Salim Al-Aufi di Wina (rtr)

WASHINGTON DC (Berita): OPEC+ telah menyetujui pengurangan produksi minyak terdalam sejak pandemi virus corona, membatasi pasokan di pasar meskipun ada tekanan dari Amerika Serikat dan negara lain untuk memompa lebih banyak.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan di Wina pada Rabu (5/9/2022), kartel global negara-negara penghasil minyak mengumumkan  memproduksi 2 juta barel lebih sedikit per hari.

Keputusan tersebut diperkirakan akan memakan waktu tiga minggu untuk tercermin dalam harga konsumen.

Dia juga mengatakan bahwa “beberapa analis menyarankan bahwa AS mungkin berusaha untuk membebaskan beberapa stok minyak yang dimilikinya untuk mencoba melawan apa yang coba dilakukan OPEC+”.

AS telah mendorong OPEC untuk tidak melanjutkan pemotongan, dengan alasan bahwa fundamental tidak mendukung mereka, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada kantor berita Reuters.

AS ‘Kecewa’

Kemudian pada Rabu, Gedung Putih mengatakan “kecewa” dalam keputusan OPEC+ dan menyebutnya “pandangan sempit”.

“Pada saat menjaga pasokan energi global sangat penting, keputusan ini akan memiliki dampak paling negatif pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah yang sudah terhuyung-huyung dari kenaikan harga energi,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikaitkan dengan AS.

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan Direktur Dewan Ekonomi Nasional (NEC) Brian Deese.

Sumber mengatakan masih belum jelas apakah pemotongan dapat mencakup pengurangan sukarela tambahan oleh anggota seperti Arab Saudi, atau jika mereka dapat mencakup produksi yang ada di bawah kelompok.

Tak lama setelah pengumuman OPEC, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pemerintah negaranya bekerja untuk memastikan bahwa energi ada di pasar dan harga tetap rendah.

Ditanya pada konferensi pers di Chili apakah dia kecewa dengan sekutu AS, Arab Saudi, karena menyetujui pemotongan tersebut, Blinken mengatakan Washington memiliki banyak kepentingan sehubungan dengan Arab Saudi.

OPEC+ turun sekitar 3,6 juta barel per hari dari target produksinya pada Agustus.

“Harga minyak yang lebih tinggi, jika didorong oleh pengurangan produksi yang cukup besar, kemungkinan akan mengganggu Administrasi Biden menjelang pemilihan paruh waktu AS,” analis Citi, bank global terkemuka, mengatakan dalam sebuah catatan.

Dalam pernyataan mereka, Sullivan dan Deese dari pemerintahan Biden mengatakan Departemen Energi AS akan melepaskan 10 juta barel dari cadangan minyak strategis negara itu bulan depan untuk melindungi konsumen Amerika dan mempromosikan keamanan energi.

Arab Saudi dan anggota OPEC+ lainnya, yang mengelompokkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lain termasuk Rusia, mengatakan mereka berusaha mencegah volatilitas daripada menargetkan harga minyak tertentu. Benchmark minyak mentah Brent naik menuju $93 per barel pada Rabu, setelah naik pada Selasa.

Mempersenjatai Energi

Barat menuduh Rusia mempersenjatai energi, menciptakan krisis di Eropa yang dapat memicu penjatahan gas dan listrik musim dingin ini.

Moskow menuduh Barat mempersenjatai dolar dan sistem keuangan, seperti SWIFT, sebagai pembalasan atas invasi Ukraina pada Februari.

Sebagian alasan Washington menginginkan harga minyak yang lebih rendah adalah untuk menghilangkan pendapatan minyak Moskow, sementara Arab Saudi tidak mengutuk tindakan Moskow.

Hubungan telah tegang antara kerajaan dan pemerintahan Presiden Joe Biden, yang melakukan perjalanan ke Riyadh tahun ini tetapi gagal untuk mengamankan komitmen kerjasama yang kuat pada energi.

“Keputusannya bersifat teknis, bukan politis,” kata Menteri Energi Uni Emirat Arab Suhail al-Mazroui kepada wartawan menjelang pertemuan.

“Kami tidak akan menggunakannya sebagai organisasi politik,” katanya, seraya menambahkan bahwa kekhawatiran tentang resesi global akan menjadi salah satu topik utama.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak, yang dimasukkan dalam daftar sanksi khusus warga negara AS pekan lalu, juga melakukan perjalanan ke Wina untuk berpartisipasi dalam pertemuan. Novak tidak berada di bawah sanksi Uni Eropa. (Aljzr /nwy)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *