Makan Kari Kepala Ikan Di Genting

  • Bagikan
Wartawan Tourism Malaysia Medan mencicipi menu best seller di outlet Gohtong Jaya, Genting Highland. Pada Selasa (7/9/2022) malam. beritasore/ist
Wartawan Tourism Malaysia Medan mencicipi menu best seller di outlet Gohtong Jaya, Genting Highland. Pada Selasa (7/9/2022) malam. beritasore/ist

MALAYSIA (Berita): Kari kepala ikan kerapuh memang kesannya makanan biasa saja, namun kalau makannya di Ratha”s Raub Curry di Malaysia, baru luar biasa.

Ini dirasakan rombongan wartawan dan travel agent yang diundang Tourism Malaysia serangkaian Fam Trip “Exciting Vacation in Malaysia – Nature to City Experience”

6-11 September 2022. Wartawan sentralberita.com bersama wartawan lainnya diberi kesempatan mencicipi menu best seller dan dicari di outlet Gohtong Jaya, Genting Highland. Pada Selasa (7/9/2022) malam.

“Tak sah ke Genting kalau nggak mencicipi menu kari Ratha’s Raub,” ungkap Suraya Hanny Mahmud dari Tourism Malaysia Kantor Pusat didampingi Natasha Andriani, staf Tourism Malaysia Medan Selasa (6/9/2022) malam.

Ciri khas di sini kari kepala ikan kerapuh, ayam goreng bumbu, sayur, telur dadar, roti canai dan martabak telur. Harganya bervariasi tergantung besar kecilnya.

Kari kepala ikan ukuran kecil 67 ringgit per porsi, ayam goreng bumbu 9,8 ringgit per porsi.

“Makan kari kepala ikan di Ratha’s Raub salah satu menu kuliner yang dicari kalau ke Genting,” ungkap Suraya.

Ratha’s Raub Curry ada tiga tempat di Malaysia yakni No 20, Jalan Jati 1, Gohtong Jaya, 69000, Genting Highlands, Pahang Darul Makmur (cabang kedua sudah 22 tahun).

Pertama outletnya di no 82, Jalan Tun Razak 27600 Raub, Pahang Darul Makmur (28 tahun lamanya) dan cabang ketiga sudah 13 tahun dino 32, Jalan SS21/35, Damansara Utama, 47400 Petaling Jaya, Selangor Darul Ehsan.

Selain di outlet-outlet tersebut, Ratha Raub juga dapat dijumpai di Kuala Lumpur.

“Bagi pecinta kuliner, kari kepala ikan, kari kambing dan roti canai di Ratha’s Raub ini patut dicoba,” kata Suraya.

Gohtong Jaya merupakan satu kawasan di Genting Highland. merujuk nama sosok yang membuka kota itu, Genting Highland yakni Lim Goh Tong.

Ia datang dari Cina ke kawasan itu saat usianya 19 tahun. Ia lahir pada 1918, dan tutup usia pada 2007.

Cuaca Genting Highland yang sejuk sangat cocok untuk menikmati kari kepala ikan, dan juga kari ayamnya yang juga cukup populer.

Fish Head Curry disajikan hangat-hangat, masih tampak asapnya mengepul, terasa pas disantap dalam cuaca sejuk. Sedangkan Roti canai di restoran ini lebih tipis dan lebih terasa renyahnya dibanding yang ada di Kota Medan.

Bedanya lagi, roti canai di situ tidak ditaburi gula pasir. Hanya tampil polos, seharga RM2 namun bikin ketagihan.

Selain Fish Head Curry dan Roti Canai yang jadi best seller, ada juga menu signature di restoran itu, yakni Famous Raub Fried Chicken.

Balutan rempah-rempah menyelimuti setiap potongan ayam hingga meresap ke dalam dagingnya. Tak perlu dicocol pakai saus seperti lazimnya menyantap ayam goreng.

Anak-anak yang tak suka pedas, dipastikan juga bakal menyukai ayam berempah ini.

Menurut Ratha Krishnan, owner di outlet Gohtong Jaya, restoran ini menggunakan bahan-bahan segar dan paling murni yang digunakan. Bahkan bubuk cabai digiling di rumah untuk memastikan bahwa setiap memenuhi standar mereka yang teguh.

Restoran Ratha di Raub dan Goh Thong Jaya juga menjual sachet Pasta Kari Ratha. Dengan tim karyawan yang setia, dedikasi Ratha’s Curry Paste terhadap rasa dan kualitas produk mereka telah membuat mereka mengadopsi teknologi mutakhir yang mematuhi standar keamanan pangan tertinggi.

Teknologi pemrosesan retort (teknologi pemasakan dengan menggunakan uap atau air superheated untuk pemasakan pangan yang telah terlebih dulu dikemas) tidak hanya menyegel nutrisi dan mempertahankan rasa, tetapi juga memiliki tingkat keberhasilan tanpa bakteri yang memastikan masa simpan dua tahun untuk setiap produk.

Berdasarkan buku menu yang penulis lihat, Famous Raub Fish Head Curry, biasanya kepala ikan kerapuh, untuk porsi small (kecil) harganya RM 66 atau sekira Rp 224 ribu.

Sedangkan medium RM 95, dan large RM 102. Namun, untuk yang porsi small, terlihat sudah mencukupi untuk disantap hingga empat orang.

Sedangkan menu ‘signature’ di Ratha Raub, yakni ayam goreng berempah yang disebut di buku menu dengan Famous Raub Fried Chicken, harganya RM 8.90 untuk porsi large, dan porsi biasa RM 7.50

Sambil menunggu menu utama pesanan datang, baiknya kita menikmati Papaddam. Camilan mirip kerupuk opak ini disajikan beberapa keping di piring makan. Untuk satu piring itu harganya RM 2.8. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *