Biden : Tinjau Hubungan  Dengan Arab Saudi

  • Bagikan
Presiden AS Joe Biden (rtr)
Presiden AS Joe Biden (rtr)

WASHINGTON (Berita): Pemerintahan Biden mengatakan akan “mengevaluasi kembali” hubungan dengan Arab Saudi ketika anggota parlemen Amerika Serikat semakin kritis terhadap kerajaan Teluk menyusul keputusan produsen minyak utama, termasuk Riyadh, untuk memangkas produksi minyak.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan pada hari Selasa (11/10/2022) bahwa AS sedang meninjau hubungannya dengan Arab Saudi dalam konsultasi dengan anggota parlemen di Washington dan sekutu di luar negeri.

“Kami sedang meninjau di mana kami berada, kami mengawasi dengan cermat, berbicara dengan mitra dan pemangku kepentingan,” kata Price kepada wartawan.

Dia menambahkan bahwa Presiden Joe Biden sebelumnya telah berbicara tentang perlunya “mengkalibrasi ulang” hubungan dengan Arab Saudi untuk melayani AS dengan lebih baik , posisi yang menurut Price digarisbawahi oleh pemotongan minyak yang baru-baru ini diumumkan.

“Prinsip panduan kami adalah memastikan bahwa kami memiliki hubungan yang melayani kepentingan kami. Ini bukan hubungan bilateral yang selalu melayani kepentingan kami,” kata Price.

OPEC+, yang menyatukan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain, yaitu Rusia, mengumumkan pembatasan pekan lalu dalam sebuah langkah yang kemungkinan akan mendorong harga bensin untuk konsumen AS menjelang pemilihan paruh waktu yang penting.

Kritikus OPEC berpendapat bahwa pembatasan produksi menaikkan harga minyak secara global, yang menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi Rusia untuk terus mendanai perangnya di Ukraina meskipun ada sanksi Barat terhadap ekonominya.

Pada Selasa, Price menuduh OPEC mendukung perang di Ukraina melawan kepentingan rakyat Amerika.

Arab Saudi telah menekankan bahwa keputusan 5 Oktober untuk mengurangi produksi sebesar dua juta barel per hari ditujukan untuk menstabilkan pasar minyak bukan menaikkan harga di tengah kenaikan suku bunga oleh bank sentral dan prospek resesi global.

Beberapa pendukung Arab Saudi juga berpendapat bahwa hubungan keamanan antara Washington dan Riyadh saling menguntungkan bukan bantuan dari AS.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby juga mengatakan kepada CNN pada hari sebelumnya bahwa Biden bersedia  menilai kembali hubungan dengan Riyadh.

“Dan tentu saja mengingat keputusan OPEC , saya pikir di situlah dia berada, dan dia bersedia bekerja dengan Kongres untuk memikirkan seperti apa hubungan itu ke depan,” kata Kirby.

Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan kepada Al Arabiya pada hari Selasa bahwa keputusan OPEC+ adalah tindakan murni ekonomi yang diambil dengan persetujuan bulat dari anggota kelompok.

Bin Farhan juga memuji hubungan antara AS dan Arab Saudi sebagai strategis.

“Kerja sama militer antara Riyadh dan Washington melayani kepentingan kedua negara dan telah berkontribusi pada stabilitas di kawasan itu,” katanya, seperti yang dilaporkan di situs web outlet berita Arab .

Namun di Washington, banyak anggota parlemen mempertanyakan aliansi dengan Riyadh.

Pada Senin, ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Bob Menendez, menyerukan pembekuan penjualan senjata ke Arab Saudi.

“Saya tidak akan memberi lampu hijau kerja sama dengan Riyadh sampai Kerajaan menilai kembali posisinya sehubungan dengan perang di Ukraina, cukup sudah,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Secara terpisah, Senator Demokrat Richard Blumenthal pada Selasa mengumumkan RUU untuk menghentikan penjualan senjata AS ke kerajaan selama satu tahun atas pemotongan minyak, yang ia sebut sangat ofensif, kesalahan destruktif yang membantu invasi Rusia ke Ukraina.

Ketegangan antara Arab Saudi dan AS terjadi tiga bulan setelah  Biden mengunjungi Arab Saudi  dan bertemu dengan para pemimpin puncaknya, termasuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pekan lalu, Gedung Putih mengatakan kecewa dengan pemotongan minyak, menambahkan bahwa Biden akan berkonsultasi dengan Kongres tentang alat dan otoritas tambahan untuk mengurangi kontrol OPEC atas harga energi. (Aljzr/nwy)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *