Badai Lan Hantam AS, 2.000 Penerbangan Batal

  • Bagikan
Badai Lan membawa hujan lebat dan angin topan ke negara bagian Florida AS ( AFP)
Badai Lan membawa hujan lebat dan angin topan ke negara bagian Florida AS ( AFP)

AMERIKA SERIKAT (Berita): Badai Lan mendarat di Florida barat daya, kata pihak berwenang, badai besar menghantam Pantai Teluk negara bagian AS dengan angin kencang dan hujan lebat.

Badai Kategori 4 “sangat berbahaya” mendarat tak lama setelah pukul 15:00 (19:00 GMT) pada Rabu ( 28/9/2022) di dekat Cayo Costa, kata Pusat Badai Nasional AS (NHC), membawa angin berkelanjutan sekitar 240 kilometer per jam (150 mil per jam) .

Kecepatan angin badai menempatkannya hanya sedikit dari penunjukan Kategori 5 pada skala Saffir-Simpson, klasifikasi paling parah untuk badai, meskipun Ian diperkirakan akan melemah setelah mendarat, menurut NHC.

Perintah evakuasi telah dikeluarkan di dua belas kabupaten pesisir Florida, dengan evakuasi sukarela direkomendasikan di beberapa kabupaten lainnya, menurut pejabat darurat negara bagian.

Salah satu badai paling kuat yang melanda Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir, Lan membawa  angin kencang dan hujan ke Pantai Teluk Florida yang berpenduduk padat, di mana wilayah Napoli hingga Sarasota berada pada “risiko tertinggi” dari gelombang badai yang menghancurkan.

“Ini akan menjadi hari yang buruk, dua hari,” Gubernur Florida Ron DeSantis memperingatkan pada hari sebelumnya, menekankan bahwa orang-orang di jalur Lan di sepanjang pantai harus bergegas ke tempat perlindungan yang paling aman dan tinggal di sana.

Di lepas pantai, di Pulau Sanibel dekat Fort Myers, air yang berputar-putar membanjiri jalan-jalan dan mendekati pos-pos kotak surat pada pertengahan pagi.

Air laut mengalir keluar dari Tampa Bay, meninggalkan bagian dasar berlumpur yang terbuka, dan ombak menerjang ujung dermaga kayu di Naples.

“Di Florida, 60 distrik sekolah telah batal beraktifitas karena badai,” kata DeSantis. Lebih dari 175 pusat evakuasi dibuka di seluruh negara bagian, kata gubernur, banyak dari mereka gedung sekolah diubah menjadi tempat penampungan.

Maskapai penerbangan komersial melaporkan lebih dari 2.000 pembatalan penerbangan AS terkait badai, bandara di Tampa, St Petersburg dan Key West ditutup. Taman hiburan Disney World dan SeaWorld di Orlando semuanya ditutup.

Evakuasi

Pemburu badai Angkatan Udara AS mengkonfirmasi bahwa Lan memperoleh kekuatan di atas perairan Teluk Meksiko setelah menghantam Kuba.

Badai itu mampu mendorong air laut setinggi 3,6 meter (12 kaki) ke pantai di Florida, kata NHC yang berbasis di Miami, mendesak orang-orang untuk mengevakuasi zona bahaya jika mereka masih bisa.

Lebih dari 2,5 juta orang berada di bawah perintah evakuasi wajib, tetapi secara hukum, tidak ada yang bisa dipaksa untuk melarikan diri.

“Banjir bencana diperkirakan terjadi di sebagian Florida tengah dengan banjir besar di Florida selatan, Florida utara, Georgia tenggara, dan pesisir Carolina Selatan,” kata NHC.

Jika Lan menyerang daerah Tampa, itu akan menjadi badai pertama yang mendarat di sana sejak badai Tarpon Springs tahun 1921.

Badai juga mungkin terbukti salah satu perusak yang paling mahal, dengan layanan pemodelan data Enki Research memproyeksikan kerusakan terkait badai mulai dari $38 miliar hingga lebih dari $60 miliar.

Chris Pollone, koresponden NBC News, mengatakan kepada Al Jazeera pada Rabu sore bahwa badai sejauh ini telah difokuskan di daerah Fort Myers dan Pulau Sanibel, sekitar 200 km (125 mil) selatan Tampa di pantai barat negara bagian itu.

“Wilayah itu benar-benar dihantam sekarang dengan gelombang badai yang tinggi, juga angin kencang, hujan lebat,” kata Pollone.

“Mereka melihat mobil-mobil mengambang di jalanan, gedung-gedung dibanjiri gelombang saat badai Ian mendorong air ke pantai.”

Florida Power and Light memperingatkan mereka yang berada di jalur Ian untuk bersiap selama berhari-hari tanpa listrik. Sebagai tindakan pencegahan, ratusan warga dievakuasi dari beberapa panti jompo di daerah Tampa, di mana rumah sakit juga memindahkan beberapa pasien.

Warga bergegas sebelum dampak badai menaiki rumah mereka, menyimpan barang-barang berharga di lantai atas dan melarikan diri.

Lan akan bergerak melintasi Florida tengah sebelum muncul di Samudra Atlantik Kamis malam, adalah badai terkuat kelima dalam hal kecepatan angin yang menyerang AS saat mendarat.

Di antara badai lainnya adalah Badai Charley, yang menghantam tempat yang hampir sama di pantai Florida pada Agustus 2004, menewaskan 10 orang dan menyebabkan kerusakan senilai $14 miliar. ( Aljzr/nwy)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *