AS Peringatkan Rusia Tidak Gunakan Senjata Nuklir

  • Bagikan
"Jika Rusia melewati garis , akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan merespons dengan tegas," kata Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan (rtr)
"Jika Rusia melewati garis , akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan merespons dengan tegas," kata Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan (rtr)

WASHINGTON (Berita): Washington mengatakan merespon dengan tegas jika Moskow menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Amerika Serikat telah memperingatkan “konsekuensi bencana” jika Moskow menggunakan senjata nuklir di Ukraina, setelah menteri luar negeri Rusia mengatakan wilayah yang mengadakan referendum yang dikritik secara luas akan mendapatkan perlindungan penuh jika dianeksasi oleh Moskow.

Pemungutan suara di empat wilayah Ukraina timur , yang bertujuan mencaplok wilayah yang telah diambil paksa oleh Rusia sebagian besar sejak invasinya pada Februari, diadakan untuk hari ketiga pada Minggu (25/9/2022).

Parlemen Rusia dapat bergerak untuk meresmikan aneksasi ( pengambilan paksa wilayah) dalam beberapa hari.

Dengan memasukkan empat wilayah Luhansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhia ke dalam Rusia, Moskow dapat menggambarkan upaya untuk merebut kembali mereka sebagai serangan terhadap Rusia sendiri, sebuah peringatan bagi Kyiv dan sekutu Baratnya.

Aneksasi Rusia meningkatkan risiko konfrontasi militer langsung antara Rusia dan aliansi militer NATO karena senjata Barat digunakan oleh pasukan Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada Minggu bahwa AS akan menanggapi dengan tegas setiap penggunaan senjata nuklir Rusia terhadap Ukraina, dan bahwa pihaknya telah menjelaskan kepada Moskow konsekuensi bencana yang akan dihadapinya.

“Jika Rusia melewati garis ini, akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan merespons dengan tegas,” kata Sullivan kepada program berita Meet the Press di NBC.

Peringatan AS terbaru menyusul ancaman nuklir terselubung yang dibuat Rabu lalu oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengatakan negaranya akan menggunakan senjata apa pun untuk mempertahankan wilayahnya.

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov membuat poin langsung pada konferensi pers pada Sabtu setelah berpidato di Majelis Umum PBB di New York City.

Ditanya apakah Rusia akan memiliki alasan untuk menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan wilayah yang dicaplok, dia mengatakan wilayah Rusia, termasuk wilayah yang lebih diabadikan dalam konstitusi Rusia di masa depan, berada di bawah perlindungan penuh negara.

Dalam pidatonya, Lavrov berusaha untuk membenarkan perang tujuh bulan Rusia di Ukraina, mengulangi klaim palsu Moskow bahwa pemerintah terpilih di Kyiv secara tidak sah dipasang dan diisi dengan neo-Nazi.

Dia menentang apa yang disebut Rusia sebagai “operasi militer khusus” yang terbatas pada AS dan negara-negara di bawah kekuasaannya, meskipun hampir tiga perempat negara bagian di majelis PBB memilih untuk menegur Rusia dan menuntutnya mundur.

Ukraina dan sekutunya telah menolak referendum sebagai tipuan yang dirancang untuk membenarkan eskalasi perang dan dorongan mobilisasi oleh Moskow setelah kekalahan medan perang baru-baru ini.

Kantor-kantor berita Rusia mengutip sumber-sumber tak dikenal yang mengatakan bahwa dua majelis parlemen Rusia dapat memperdebatkan rancangan undang-undang untuk menggabungkan wilayah-wilayah baru secepatnya pada Kamis.

RIA Novosti yang dikelola negara mengatakan Putin dapat berpidato di depan parlemen dalam sesi gabungan luar biasa Jumat.

Rusia mengatakan referendum, yang diselenggarakan dengan tergesa-gesa setelah Ukraina merebut kembali petak-petak timur laut dalam serangan balasan bulan ini, memungkinkan orang-orang di wilayah itu untuk mengekspresikan pandangan mereka.

Wilayah yang dikendalikan oleh pasukan Rusia di empat wilayah itu mewakili sekitar 15 persen Ukraina, seukuran Portugal. Itu akan menambah Krimea, yang diklaim Rusia telah dianeksasi pada tahun 2014, dan hampir seukuran Belgia

Pasukan Ukraina masih menguasai beberapa wilayah di masing-masing dari empat wilayah, termasuk sekitar 40 persen ibukota provinsi Donetsk dan Zaporizhia. Pertempuran sengit sedang berlangsung di seluruh front, terutama di Donetsk utara dan di Kherson.

Ukraina Klaim Kena Drone Iran Di Mykolaiv

Angkatan Udara Ukraina pada Minggu memposting rekaman dari apa yang dikatakannya sebagai “penghancuran” pesawat tak berawak Iran-kamikaze Shahed-136, yang diklaim Rusia dikirim ke kota Mykolaiv di Ukraina selatan.

Dalam sebuah pernyataan, Komando Angkatan Udara mengatakan rudal anti-pesawatnya telah “menghancurkan drone kamikaze Shahed-136, yang coba digunakan oleh pasukan pendudukan Rusia untuk menyerang Mykolaiv”.

Drone Shahed-136 yang dipasok ke Rusia oleh Iran sudah digunakan untuk beberapa serangan di wilayah Kharkiv, Dnipropetrovsk, Odesa, dan Mykolaiv, menurut para pejabat.

Sebelumnya pada Jumat, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengutuk Iran karena memasok drone ke Rusia dan mengatakan bahwa duta besar Iran untuk Ukraina dicabut akreditasinya setelah serangan itu.

Zelensky juga mengatakan dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu bahwa Ukraina telah menerima sistem pertahanan udara yang canggih dari AS.

Itu adalah pengakuan pertama bahwa Ukraina telah menerima Sistem Rudal Permukaan ke Udara Nasional (NASAMS) yang telah lama dicari oleh Kyiv dan disetujui untuk pengiriman oleh Washington akhir bulan lalu.

Zelenskyy juga berterima kasih kepada AS atas HIMARS dan beberapa sistem peluncuran roket lainnya yang memungkinkan Ukraina untuk maju melawan pasukan pendudukan Rusia. ( Aljzr/nwy)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *