Sido Muncul Raih Laba Bersih Rp 413,8 M

  • Bagikan
Berita Sore/Laswie Wakid Leonard, Direktur Keuangan Sido Muncul pada Public Expose Live 2020 yang digelar PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara virtual 24-28 Agustus 2020.
Berita Sore/Laswie Wakid Leonard, Direktur Keuangan Sido Muncul pada Public Expose Live 2020 yang digelar PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara virtual 24-28 Agustus 2020.

MEDAN (Berita): PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) pada semester I tahun 2020 dimana masih di tengah pendemi Covid-19, mampu meraih laba bersih sebesar Rp413,8 miliar, naik 10,7 persen dari posisi sama tahun 2019 sebesar Rp374,1 miliar.

“Meski di tengah pandemi Covid-19, kamis tetap menargetkan pertumbuhan penjualan dan laba bersih di tahun ini,” tegas Leonard, Direktur Keuangan Sido Muncul pada Public Expose Live 2020 yang digelar PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara virtual 24 28 Agustus 2020 diikuti 50 emiten.

“Target penjualan single digit growth, untuk bottom line at least double digit,” katanya.

Pada periode enam bulan atau semester I 2020, emiten berkode saham SIDO ini mengalami kenaikan penjualan sebesar 3,5 persen menjadi Rp1,46 triliun, dibanding Rp1,41 triliun pada periode sama tahun 2019.

Leonard, mengatakan, kinerja penjualan segmen Herbal and Supplement mengalami penurunan penjualan sebesar 2,1 persen. Namun segmen Food and Beverages mengalami pertumbuhan sebesar 16,3 persen, dan segmen Pharmaceutical juga bertumbuh sebesar 6,0 persen.

Sementara dari sisi laba bersih, ungkap Leonard, Sido Muncul tercatat mengalami kenaikan sebesar 10,6 persen, menjadi Rp413,8 miliar dari Rp374,1miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun capital expenditure (capex) atau belanja modal, lanjut Leonard, selama enam bulan di 2020 Sido Muncul telah menggunakan sebesar Rp20,8 miliar. Total anggaran belanja modal Sido Muncul tahun ini adalah sekitar Rp135 miliar.

“Dengan melihat raihan di semester I 2020, kami menargetkan mampu meraih pertumbuhan double digit dari sisi laba bersih, dan tumbuh satu digit dari sisi pendapatan,” jelasnya.

Produk Sido Muncul dibagi dalam tiga segmen. Yang pertama adalah Herbal and Supplement di antaranya terdiri dari produk Tolak Angin, jamu-jamuan dan Suplemen. Yang kedua adalah Food and Beverages yang merupakan produk minuman dan confectionaries di antaranya Permen, Kuku Bima Ener-G!, Kopi Jahe, Susu Jahe, Jahe Wangi, Kunyit Asam, Alangsari dan lain-lainnya.

Segmen yang ketiga adalah Pharmaceutical, yakniproduk obat-obatan yang diproduksi oleh PT Berlico Mulia Farma.

“Perseroan akan terus berinovasi menciptakan produk-produk baru dan mengembangkan produk yang ada yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Leonard.

Sementara itu, perseroan juga berencana untuk melaksanakan RUPSLB yang agendanya meminta persetujuan dari para pemegang saham untuk melakukan aksi korporasi stock split dengan rasio 1:2. Sehingga jumlah saham akan menjadi 2 kali lipat dari sebelumnya.

“Aksi korporasi ini dilakukan dengan harapan agar saham SIDO semakin diminati investor khususnya investor ritel,” tutupnya.(Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan