Camat Apresiasi Terobosan SMPN 1 Pulau Rakyat Tanam Hidroponik

  • Bagikan
Camat Pulau Rakyat melakukan pemanenan sayuran sawi hidroponik di SMPN 1 Pulau Rakyat. (Berita Sore/Paimin)
Camat Pulau Rakyat melakukan pemanenan sayuran sawi hidroponik di SMPN 1 Pulau Rakyat. (Berita Sore/Paimin)

Asahan (Berita) : Camat Pulau Rakyat Aspihan SH MH mengapresiasi terobosan yang telah dilakukan SMP Negeri 1 Pulau Rakyat melakukan tanaman hidroponik di lingkungan sekolah.

Apresiasi itu disampaikan Camat Pulau Rakyat ketika berkesempatan melihat langsung tanaman sayuran hidroponik usai menyerahkan KIA (Kartu Indetitas Anak) kepada siswa/i SMPN 1 Pulau Rakyat yang diserahkan kepada orang tua masing-masing, di sekolah tersebut, Senin (28/9/2020).

Di SMPN 1 Pulau Rakyat terdapat 2 unit bak air yang terbuat dari baja ringan dan penutup bak dilubangi sebagai media untuk menanam sayuran dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Sehingga bibit sayuran itu tampak tumbuh subur, karena dalam bak yang berisi air itu dipasang sebuah aeratorl yang fungsinya sebagai penggerak (mesin) gelembung udara yang berguna untuk menggerakkan air, dan mengatur sirkulasi udara karena tidak adanya jarak antara akar tanaman.

Camat Pulau Rakyat beserta stafnya merasa kagum menyaksikan hasil kreasil tanaman hidroponik yang dibuat di SMPN 1 Pulau Rakyat. Beliau berharap anak anak didik di sekolah ini dapat menerapkan tanaman hidroponik di rumah mereka masing-masing, karena tanaman itu lebih praktis dan tidak memerlukan lahan yang luas, dan hasilnya juga lebih sehat karena tidak menggunakan pupuk maupun pestisida.

” Jika ini bisa berkembang tentu sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran sehari-hari ” ujar Camat.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Pulau Rakyat Juraida Spd mengatakan, bahwa tanaman dengan metode hidroponik ini sudah dilakukannya sejak menjabat Kepala sampan 1 Aek Kuasan.

Di SMPN 1 Pulau Rakyat terdapat 2 bak yang terbuat dari baja ringan untuk tanaman dengan metode hidroponik ini, harganya perunit Rp 2,5.000.000.

” Tanaman dengan metode hidroponik ini sudah saya lakukan sejak saya menjabat Kepala SMPN 1 Aek Kuasan. Setelah di SMPN 1 Pulau Rakyat saya terapkan lagi ” tandas mantan Kepala SMPN 1 Aek Ledong ini. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan