Cotbatee Bireuen Sembelih 25 Kambing Hewan Qurban

  • Bagikan
Petugas saat menyembelih hewan kurban warga Cotbatee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen.Beritasore/Rizal Jibro
Petugas saat menyembelih hewan kurban warga Cotbatee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen.Beritasore/Rizal Jibro

BIREUEN (Berita): Koordinator Pelaksana Qurban di Cotbatee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen , Drs H Abdullah Amin, MM menyebutkan, qurban untuk hari raya Idul Adha 1441 H tahun ini meningkat dibanding dengan tahun lalu.

Drs Abdullah Amien,MM ,Sabtu (01/08) yang juga Anggota DPRK Bireuen untuk kedua kalinya menjelaskan bahwa tahun ini hewan qurban sebanyak 19 ekor lembu dan 9 ekor kambing sementara tahun lalu sebanyak 10 ekor sapi  dan 7 ekor kambing.

Dijelaskan semua hewan qurban itu disembelih Sabtu 1 Agustus 2020 karena tidak dilaksanakan Jumat mengingat singkatnya waktu setelah Shalat Ied juga Shalat Jumat .

Prosesi penyembelihan kata Pak Abdullah panggilan akrab beliau dilaksanakan di dua titik yaitu di Masjid Besar Kuala 9 ekor lembu dan 4 ekor kambing, dan 8 ekor lembu dan 4 ekor kambing di lapangan rumah Ibu Hj Sakdiah Amin.

Tgk Yusuf ketua kelompok penyembelihan di Masjid menyebut, prosesi penyembelihan di Desa Cotbatee dibagi dua titik karena masing-masing titik untuk memudahkan pembagian daging terhadap masyarakat.

Penyembelihan yang dilakukan di Masjid untuk memudahkan pembagian sebab Gampong Cotbatee terdiri 4 dusun jadi dalam satu titik dibagi dua dusun. Penyembelihan di Masjid dibagi dagingnya untuk warga di dusun Uteun Seutui dengan Dusun Teungoh sedangkan di titik dua di rumah Ibuk Hj Ibu Sakdiah untuk warga di dusun Cotbatee dan Dusun Pulau Pisang.

Yang jelas semua hewan qurban itu merupakan niatan tulus dan  ikhlas mereka untuk berkurban.” Ungkap Drs H Abdullah Amin,MM seraya menyebutkan hewan tersebut merupakan hasil dari perkumpulan masyarakat yang memang jauh-jauh hari sudah niatan untuk qurban.

Kebersamaan dengan kepedulian sosial yang tinggi apalagi fakir miskin yang memang membutuhkan pertolongan merupakan prioritas warga masyarakat Cotbatee ,sebut Abdullah (RJ)

Berikan Komentar
  • Bagikan