Sampah Panyabungan 120 M3/Hari

  • Bagikan
Foto,dok: Petugas kebersihan berjibaku mengangkut sampah, walaupun dalam jumlah personel terbatas.
Foto,dok: Petugas kebersihan berjibaku mengangkut sampah, walaupun dalam jumlah personel terbatas.

 

PANYABUNGAN (Berita): Dengan sarana prasarana terbatas, 109 petugas kebersihan berjibaku membersihkan sampah 120 m3 per hari di Panyabungan, ibukota Kab. Mandailing Natal.

“Iya, kita punya 109 personel untuk membersihkan sampah 120 m3 per hari di Panyabungan. Personel ini terdiri dari tukang sapu dan petugas (termasuk supir dan kenek) pengangkutan memakai dump truck,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Madina Khairul, ST kepada waspada.id di Panyabungan, kemarin.

Didampingi Kabid Pengelolaan Sampah Dinas LH Jhoni Ambriadi dan Fauzi Ahmad (staf), Kadis LH mengungkapkan, Madina memiliki 9 dump truck, walaupun satu di antaranya sedang dalam perbaikan.

Khairul mengungkapkan, untuk menciptakan Madina yang madani, yang lebih bersih, memiliki satu tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Sibanggua, Kec. Panyabungan Barat, terhampar sekira 3,5 ha

Dijelaskan, setiap pagi, personel kebersihan sudah mulai bergerak sekira pukul 06.00 dan diharap Panyabungan sudah bersih pukul 08.00.

Untuk membersihkan Panyabungan dengan jumlah personel terbatas, Dinas LH beberapa kali berkordinasi dengan Camat Panyabungan Kota, agar seluruh kelurahan memaksimalkan personel kebersihan di masing-masing kelurahan.

“Kan, di setiap kelurahan ada personel kebersihan. Kita berharap, insya Allah, upaya membersihkan Panyabungan akan lebih maksimal berkat kerjasama semua pihak,” ujarnya.

Khairul mengungkapkan, selebaran dan sosialisasi kepada masyarakat, sudah berkali-kali disampaikan agar membuang sampah di bak yang sudah disiapkan pukul 06.00 pagi dan pukul 17.00 sore.

“Kita berharap, membuang sampah di bak sampah pada saat-saat tertentu, untuk memudahkan kami dalam pengangkutan sampah sampai ke TPA. Kita juga berharap, ini bagian dari upaya menghindari sampah berserak di seputar bak sampah,” ujar Khairul.

Kadis LH Madina mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk menciptakan Panyabungan khususnya, Madina umumnya, untuk menciptakan suasana lebih bersih. Termasuk di kawasan pasar.

“Di kawasan Pasar Lama ada bak sampah Dinas LH, sedangkan kebersihan Pasar Baru dikelola Dinas Perdagangan,” kata Khairul, ST. (irh)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *