Camat Rahuning Tinjau Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Al Hidayah

  • Bagikan
Camat Rahuning dan ketua BKM Al Hidayah saat meninjau pemotongan hewan kurban. (Berita Sore/Paimin)
Camat Rahuning dan ketua BKM Al Hidayah saat meninjau pemotongan hewan kurban. (Berita Sore/Paimin)

Asahan (Berita) : Camat Rahuning meninjau pemotongan hewan kurban di lokasi Masjid Al Hidayah Dusun V Desa Rahuning I, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan, Jumat (30/7/2020) usai pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 Hijriah.

Kedatangan Camat Rahuning, Syahputra SE didampingi istribdan Sekcam Rahuning, Lili Wahyuni S.Sos, yang sebelumnya ada memberikan satu ekor lembu kepada BKM Al-Hidayah Dusun V Desa Rahuning untuk dikurbankan.

” Alhamdulillah tahun lalu kami dari staf Pemerintahan Kecamatan Rahuning juga menyerahkan satu ekor lembu ke desa lain, tahun ini giliran kami serahkan satu ekor lembu kepada BKM Al Hidayah Dusun V Desa Rahuning, dagingnya untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar ” ujar Syahputra.

Sementara itu Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hidayah Dusun V Desa Rahuning I, Jumadil, S.Ag mengatakan pemotongan hewan kurban yang dilakukan di lokasi Masjid Al Hidayah tahun ini sebanyak 3 ekor lembu dan 2 ekor dari hasil patungan masyarakat muslim Dusun V dan VI Desa Rahuning I, dan ditambah satu ekor dari staf Kecamatan Rahuning.

” Tahun ini kita tetap dipotong memotong 4 ekor lembu, dan 2 ekor kambing seperti tahun lalu, satu ekor lembu diantaranya dari staf Pemerintah Kecamatan Rahuning ” aku Jumadil.

Jumadil menjelaskan, sholat Idul Adha maupun pemotongan hewan kurban 1441 Hijrahnya tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena berketetapan hari Jumat pelaksanaannya sedikit dipersingkat.

Namun demikian, saat pelaksanaan pemotongannya mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan cuci tangan dengan air bersih.

Rehap Masjid

” Meski pun demikian kami bersyukur masih mendapat kesempatan untuk melakukan kurban pada ldul Adha 1441 Hijriah, apalagi dalam situasi ekonomi sulit di tengah Covid-19 ini kami juga sedang melaksanakan rehapan berat masjid Al Hidayah ini ” terang Jumadil.

Menurut Jumadil rehap berat Masjid Al Hidayah di Dusun V Desa Rahuning I biaya totalnya lebih kurang sebesar Rp 1 milyar yang dananya bersumber dari swadaya masyarakat Dusun V dan VI Desa Rahuning I dan sekitarnya serta donatur yang tidak mengikat.

” Alhamdulilah Masjid Al Hidayah yang pembangunannya diketuai bapak Supono kini telah berjalan sekitar 30 persen ” ungkap Jumadil.

Menurut Jumadil, Masjid Al Hidayah Dusun V Desa Rahuning I awalnya berukuran 9 x 9 meter dengan kafasitas jamaah sekitar 100 orang.

Rencananya akan dibesarkan dengan ukuran 12 x 12 meter yang bisa menampung 200 orang, dan pembangunannya dilakukan dengan cara swadaya.

” Kamu mengetuk hati bapak/ibu kaum muslimin dan muslimat untuk berinfaq dan juga memohon bantuan dari pemerintah agar pembangunan ini dapat segera rampung, diperkirakan sebelum hari raya Idul Fitri dan Idul Adha tahun depan. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan