Asisten Administrasi Umum P. Siantar Pembicara Kuliah Umum di Universitas HKBP Nommensen

  • Bagikan

Pematang Siantar (Berita): Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Asisten Administrasi Umum Drs Pardamean Silaen MSi menjadi pembicara dalam Kuliah Umum di hadapan tujuh ratusan mahasiswa baru Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, di aula Universitas HKBP Nommensen, Jalan Sangnaualuh Damanik, Jumat (15/09/2023).

dr Susanti diwakili Pardamean sangat menyambut baik kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), dalam rangka Menyambut Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, dengan tema yang sangat strategis, yaitu Bertumbuh dan Berbudaya.

Dikatakannya, memasuki dunia perkuliahan dan menjadi seorang mahasiswa adalah pencapaian yang sangat berharga bagi setiap individu. Secara etimologis, istilah “mahasiswa” terdiri dari dua kata, yaitu “Maha” yang artinya paling besar, dan “Siswa” yang mengacu pada seseorang yang belajar dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

“Oleh karena itu, makna dari kata “mahasiswa” adalah seseorang yang sedang mengejar pendidikan tinggi di perguruan tinggi dan telah mencapai tingkat kedewasaan, yang ditandai dengan tanggung jawab yang lebih besar,” katanya.

Perubahan ini, lanjutnya, tidak hanya melibatkan aspek akademik, tetapi juga melibatkan transisi yang signifikan dalam kehidupan sosial, emosional, dan pribadi. Proses peralihan dari menjadi seorang siswa ke seorang mahasiswa merupakan tahap pertumbuhan yang membutuhkan kemampuan adaptasi yang kuat. Para mahasiswa akan belajar di universitas, sebuah tempat untuk mendapatkan pendidikan formal, universitas juga merupakan lingkungan di mana individu dapat bertumbuh dan berkembang secara pribadi, intelektual, dan budaya.

dr Susanti juga menekankan, dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 dibutuhkan generasi yang mengikuti perkembangan teknologi serta memiliki daya saing yang handal.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, lanjutnya, tetap mengajak mahasiswa dan civitas akademika Universitas HKBP Nommensen untuk dapat seiring sejalan dan berkolaborasi membangun Kota Pematang Siantar.

Sementara itu Ketua Panitia mengatakan mahasiswa baru angkatan 2023-2024 Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar sebanyak 732 orang, yang mengikuti PKKMB dari tiga fakultas. Kegiatan direncakan berlangsung selama dua hari.

Mewakili Pengurus Yayasan, Dr Hilman Pardede mengatakan, sesuai tema diharapkan mahasiswa baru dapat bertumbuh dan berbudaya. Ia juga menyampaikan dampak ekonomi global secara umum. Di mana, mahasiswa diminta untuk dapat bekerja keras dan bekerja cerdas.

Sedangkan Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar Dr Muktar Panjaitan mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa.

“Kalian adalah para mahasiswa yang akan menimba ilmu di Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar,” sebutnya, seraya menambahkan PKKMB akan membuat mahasiswa baru lebih mengenal kampus Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

“Kita akan mengenal budaya kampus dan universitas untuk menghindari narkoba dan hoaks, serta tidak mudah terpancing dengan isu radikalies dan perpecahan. Mari kita kerja, berkolaborasi, bekerja dengan cepat dan tegas,” ajaknya.

Tampil sebagai pembicara lainnya, yaitu Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK, serta Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI ) Pusat Sahat Sinurat.

Acara diawali ibadah dipimpin Pdt Pinantun Simatupang, (surati).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *