Toba Juara Umum Kejurda Karate Full Body Contact Piala Bupati Toba CUP II

  • Bagikan
Kabupaten Toba juara umum Kejurda Karate Bupati Toba CUP II Full Body Contact yang diselenggarakan di Aula Balai Kantor Camat Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Sabtu (22/7). Foto:Ramsiana Gultom
Kabupaten Toba juara umum Kejurda Karate Bupati Toba CUP II Full Body Contact yang diselenggarakan di Aula Balai Kantor Camat Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Sabtu (22/7). Foto:Ramsiana Gultom

 

TOBA (Waspada) : Kabupaten Toba keluar sebagai juara umum Kerjuaraan Daerah (Kejurda) Karate Full Body Contact yang digelar Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia se Kawawasan Danau Toba di Balai Kantor Camat Siantar Narumonda Jalan Prof Dr KP Tarnama Sinambela Narumonda I, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (22/7).

Kabupaten Toba menjadi juara umum setelah berhasil meraih 6 medali emas, 7 perak dan 14 medali perunggu dengan total 27 medali. Juara II diraih Kabupaten Tapanuli Utara dengan raihan 4 medali emas, 7 medali perak dan 9 medali perunggu dengan total medali 20 medali. Juara III diraih Kabupaten Simalungun dengan raihan 4 medali emas dan 3 medali perunggu dengan total 7 medali.

Ada pun kelas yang dipertandingkan yaitu Kategori Kelas Putra – 35 Kg dan +35 Kg ( Usia 11 – 12 Tahun ), Kategori Kelas Putera -40 Kg dan +45 Kg ( usia 13 – 14 Tahun), Kategori Kelas Putera -57 Kg, -63 Kg, -70 Kg dan +70 Kg sedangkan Kelas Puteri -54 Kg dan +54 Kg ( Usia 14 – 15 Tahun ).

Kejurda Bupati Toba CUP II ini dihadiri langsung Ketua PB Kala Hitam Indonesia, Syafruddin Siregar, Ketua Dewan Guru Kala Hitam Indonesia, Sihan Sujarwo, Ketua Pengcab Toba, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik yang di wakili oleh Kabag Ren Polres Toba Kompol Muridan, Ketua KONI Toba, Ketua Umum Forki Toba Tonny Simanjuntak SE, Ketua Panitia Forki Toba Marimbun Marpaung, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba, para Karateka peguruan Kala Hitam, Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dan Rumah Sakit Porsea.

Kejurda ini diikuti 130 Karateka terbaik di kategori Junior dan Senior dengan pembagian kelas umur dan timbangan. Kejuaraan ini akan menggunakan System pertandingan Kyokushin yaitu Full Body Contact yang merupakan aliran dari perguruan Karate Kala Hitam Indonesia.

Ketua PB Perguruan Kala Hitam Indonesia Syafruddin Siregar dalam sambutannya mengapresiasi Kabupaten Toba yang telah menggelar Kejurda Bupati CUP ini. Dia pun mengakui Kabupaten Toba sebagai satu-satunya Kabupaten yang menggelar kejuaraan secara rutin dan akan mempromosikan upaya, kerja keras dan keseriusan Kabupaten Toba dalam membina atlet-atletnya lewat Kejurda ini ke seluruh kabupaten kota lainnya.

“Kejuaraan Forki Toba yang memperebutkan Piala Bupati Toba Cup II Tahun lalu sudah terlaksana dengan sukses. Dan saat ini kita melaksanakan yang kedua. Kami sangat antusias sekali terhadap perhatian dari pada pemerintahan Kabupaten Toba ini untuk mendidik masyarakat dan anak anak muda ini.

Dengan mengadakan kejuaraan seperti ini maka semangat anak-anak ini untuk berlatih semakin tinggi dan jauh dari kenakalan remaja seperti begal dan narkoba,” ujar

Dia pun mengaku baru melaksanakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Full Body Contact Tahun 2023 tepatnya di bulan Maret lalu, hasil dari kejuaraan Bupati Toba Cup I tahun lalu, atlet Toba mendapatkan hasil yang sungguh luar biasa di Kerjunas tersebut.

Sebelum menutup Kejurda, Syafruddin Siregar juga mengucapkan selamat kepada atlet yang telah berhasil meraih medali. Tak lupa, dia mengingatkan seluruh atlet untuk semakin rajin berlatih dan meningkatkan prestasi di kejuaraan berikutnya.

Sementara itu, Ketua Forki Toba Tonny Simanjuntak SE yang juga Wakil Bupati Toba mengatakan Kerjuda Bupati CUP II ini meningkat dari tahun lalu yang hanya diikuti atlet se Kabupaten Toba saja.

Dalam sambutannya Tonny mengaku Forki Toba melaksanakan Kejurda secara beriringan antara non body contact dan full body contact.

“Dua bulan lalu kita telah menggelar Kejurda non body contact lalu hari ini kita gelar lagi full body contact. Tentu ini bukan pekerjaan mudah untuk panitia. Saya selaku Ketua Forki Toba mengapresiasi kerja keras seluruh panitia hingga kedua kejuaraan ini bisa berjalan sukses di Toba,” ujar Tonny.

Lewat Kejurda ini, Tonny berharap akan melahirkan atlet-atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Kabupaten Toba di tingkat kejuaraan yang lebih tinggi, baik Kejuaraan tingkat provinsi, nasional dan internasional.

Pada kesempatan yang sama, panitia juga menyerahkan piala kepada karateka terbaik putri, Octaviana Siregar dari Kabupaten Simalungun, karateka terbaik putra, Gohan Zoyto Sihotang dari Kabupaten Toba serta karateka favorit putri, Hani Indah Marichuy Marpaung dari Kabupaten Toba dan karateka favorit putra, Desman Marpaung dari Kabupaten Toba. (rg)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *