UMKM Semarakkan Gebyar Ramadhan Muhammadiyah Ranting Kelurahan Binjai

  • Bagikan
Ketua Panitia Pelaksana Gebyar Ramadhan 1444 H M Sayuti Nur secara simbolis memberikan santunan kepada 50 anak yatim dan fakir miskin di Masjid Taqwa Jalan Raya Menteng Gang Setia Medan, Minggu (2/4/2022) sore. beritasore/ist

MEDAN (Berita): Pimpinan Muhammadiyah Ranting Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai membuka Gebyar Ramadhan 1444 Hijriah di halaman Masjid Taqwa Jalan Raya Menteng Gang Setia Medan, Minggu (2/4/2022) sore.

Gebyar Ramadhan yang berlangsung mulai 2 hingga 16 April itu dibuka Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kelurahan Binjai Hasriadi.

Hadir pada Gebyar Ramadan ini Lurah Binjai Muhammad Awal Syahputra, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H Rajudin Sagala dan tokoh pemuda Sumut Lokot Nasution yang pada saat itu akan memberikan bantuan 8 unit AC, tiga pintu dan 1 set jendela kaca.

Hadir juga Ketua Panitia pelaksana M Sayuti Nur dan pimpinan Ranting Muhammadiyah se-Cabang Pasar Merah serta pengurus BKM Kelurahan Binjai.

Ketua Panitia pelaksana M Sayuti Nur dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya digelar dengan tujuan menyemarakkan bulan suci ramadhan 1444 H sebagai wujud dari semangat umat muslim agar lebih takwa.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan dapat lebih meningkatkan keimanan dalam meraih kebaikan di bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini,” kata Sayuti.

Selain itu, kata Sayuti, kegiatan ini juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah antar sesama siswa, guru, dan warga di sekitar sekolah serta menumbuhkan rasa solidaritas dan empati terhadap sesama muslim.

Menurut Sayuti, ajang ini juga menjadi sumber motivasi kepada generasi penerus agar selalu memegang teguh kepada ajaran agama Allah dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat secara lahir dan batin.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menguatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang urgensi puasa Ramadan bagi diri dan umat,” ujarnya.

Pada Gebyar Ramadan yang bertema “Mewujudkan generasi muda Islam berakhlak, cerdas dan handal untuk Indonesia berkemajuan” ini diisi dengan berbagai kegiatan Islami, seperti rangking 1, desain baju kaos, adzan, dan tahsin.

Selain itu diadakan lomba busana muslim, pidato, hafal ayat pendek, mewarnai, kaligrafi, juga ada bazar, santunan anak yatim dan pesantren kilat.

Gebyar Ramadan 1444 H ini juga dirangkai dengan menyantuni 50 anak yatim dan fakir miskin serta pemberian bingkisan sebagai apresiasi kepada anak- anak yang rajin sholat di Masjid Takwa.

Sayuti juga menambahkan, pada kegiatan ini juga diramaikan belasan pelaku UMKM yang menjual aneka produk usahanya pada bazar Gebyar Ramadan di halaman Masjid Takwa Jalan Raya Menteng Gang Setia hingga 16 April 2023.

Dengan terlaksananya pembukaan gebyar ramadhan ini, Sayuti menyampaikan terimakasih kepada para donatur

Sementara itu Lurah Binjai Muhammad Awal Syahputra pada sambutannya mendukung gebyar ramadhan yang diprakarasai ketua panitia dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM).

Ia berharap kegiatan ini nantinya akan tetap terlaksana setiap tahunnya sebagai bentuk menyemarakkan ramadan, meningkatkan ketakwaan dan mengeratkan silaturahmi serta ukhuwah sesama muslim

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kelurahan Binjai Hasriadi pada sambutannya
mengajak para pelajar dan generasi muda maupun masyarakat untuk meningkatan ibadah di bulan suci ramadan yang penuh mubarokah ini.

“Di bulan suci ramadan ini mari kita tingkatkan ibadah dengan banyak cara seperti shalat tarawih, sholat malam, membaca Al-Quran maupun bersedekah,” ajaknya.

Hasriadi juga memaparkan sekilas tentang pembangunan MDTA yang sampai saat ini masih membutuhkan bantuan dari para donatur untuk proses penyelesaian tahap keduanya.

“Saat ini keberadaan MDTA ini sudah dimanfaatkan para siswa. Namun untuk menyelesaikan pembangunan tahap keduanya, panitia masih membutuhkan uluran tangan para donatur,” pungkasnya.

Gebyar Ramadan ini diisi tausiah disampaikan Ustad M Yunus Daulay serta diakhiri dengan buka puasa bersama. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *