RUPST Bank Mestika Beri Deviden Rp 138 Miliar Pemegang Saham

  • Bagikan
Presiden Direktur PT Bank Mestika Dharma, Tbk Achmad S Kartasasmita (tiga kanan) bersama jajaran Direksi lainnya pada RUPST PT Bank Mestika Dharma, Tbk di Grand City Hall Medan Selasa (14/5). beritasore/ist
Presiden Direktur PT Bank Mestika Dharma, Tbk Achmad S Kartasasmita (tiga kanan) bersama jajaran Direksi lainnya pada RUPST PT Bank Mestika Dharma, Tbk di Grand City Hall Medan Selasa (14/5). beritasore/ist

MEDAN (Berita): Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Mestika Dharma, Tbk memutuskan pemberian deviden sebesar Rp138 miliar kepada pemegang saham sebanyak 4.027.068.800 lembar saham.

Hal itu diungkapkan Presiden Direktur PT Bank Mestika Dharma, Tbk Achmad S Kartasasmita di sela RUPST bank tersebut di Grand City Hall Medan Selasa (24/5).

Dia didampingi Wakil Presiden Direktur Hendra Halim, Direktur Umum Yusri Hadi, Direktur Operasional Harun Ansari, Direktur Kepatuhan Andy, Presiden Komisaris Witarsa Demar, Komisaris Independen Gardjito Heru, Katio dan Komisaris Indra Halim serta Corporate Secretary Suharto Kurniawan.

“Total Pemegang Saham diatas telah dikurangi dengan saham treasuri yang dimiliki Perseroan sebesar 63.021.200 lembar saham. Dengan demikian, pembagian dividen untuk per lembar saham sebesar Rp34,26,” kata Achmad.

Selain itu RUPST juga memutuskan untuk memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan mengatur tata cara dan pelaksanaan pembayaran dividen tunai serta mengumumkannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,

“Sisa laba Perseroan akan digunakan untuk memperkuat rasio modal, pengembangan teknologi digital untuk peningkatan pelayanan kepada nasabah, memperkuat sistem dan memperluas operasional Perbankan dan  peningkatan Sumber Daya Manusia,” jelasnya.

Pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menunjuk Akuntan Publik Independen untuk mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 serta pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan honorarium Akuntan Publik yang akan ditunjuk yakni Frendy Susanto.

Nama Kantor Akuntan Publik;  Paul Hadiwinata, Hidajat, Arsono, Retno, Palilingan & Rekan beralamat di Jalan MH Thamrin Lot 8-10, UOB Plaza Lantai 30 & 42, Jakarta.

Menyetujui pembelian saham Perseroan sebagai bentuk pemberian remunerasi yang bersifat variabel dalam bentuk saham sebanyak-banyaknya sebesar Rp1.060.116.756 dengan menunjuk satu anggota Bursa Efek untuk melakukan pembelian yang dimaksud dan dilaksanakan selama periode 18 bulan terhitung sejak tanggal sejak tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan 24 November 2023 dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RUPST juga memberikan kuasa dan wewenang dengan hak substitusi kepada Direksi Perseroan untuk melakukan segala proses dan tindakan yang diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan pembelian saham tersebut.

Penyampaian Rencana Bisnis Bank (RBB) dan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan oleh Direksi (dalam mata acara ini tidak diambil keputusan). Rencana Bisnis Bank tahun 2022 antara lain tetap menjaga kualitas penyaluran kredit yang baik dengan melakukan analisa yang lebih akurat dengan berpedoman pada prinsip prudential banking dan penerapan tata kelola yang baik.

“Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan mitigasi terhadap risiko kredit yang diperkirakan meningkat sesudah covid-19 dan menjaga level NPL dibawah standar yang ditentukan oleh Regulator,” tegas Achmad.

Mengelola dan memantau pemberian restrukturisasi kredit kepada kreditur UMKM dan non UMKM yang terdampak pandemi covid agar dapat menyelesaikan kewajiban kreditnya dengan baik.

Meningkatkan penghimpunan dana masyarakat dengan membuat program-program yang menarik minat nasabah dan calon nasabah untuk mempercayakan pengelolaan dananya pada Perseroan.

Perseroan masih menjalankan program Undian Gempita yang memberikan hadiah utama  hingga Rp7 miliar yang dilakukan pengundian dua kali setiap tahun.

Meningkatkan layanan perbankan dari sisi teknologi dengan meningkatkan dan menambah fitur dalam mobile banking dan internet banking yang memberikan kenyamanan juga keamanan dalam bertransaksi keuangan. Peningkatan transaksi keuangan ini dapat menunjang pertumbuhan fee based income Perseroan.

Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia dalam struktur manajemen agar dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi terhadap kemajuan Perseroan.

Senantiasa memperhatikan arahan Pemerintah dalam hal penanganan pandemi covid 19 yang wajib segera diimplementasikan Perseroan dalam hal kegiatan  bisnis, kegiatan operasional dan non operasional Perseroan.

Sedangkan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan tahun 2022 disampaikan sebagai berikut: penerapan Keuangan Berkelanjutan Perseroan berpedoman pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

Program Keuangan Berkelanjutan Perseroan disusun berdasarkan prioritas keuangan berkelanjutan yakni: pengembangan produk dan/atau jasa keuangan berkelanjutan, pengembangan kapasitas internal bank..

Penyesuaian organisasi, manajemen risiko, tata kelola dan/atau standar prosedur operasional yang sesuai dengan prinsip penerapan keuangan berkelanjutan.

Tiga prioritas. Pelaksanaan keuangan berkelanjutan tersebut diatas dituangkan kedalam program-program sebagai berikut :

dari sisi penghimpunan dana (DPK) erdapat program tabungan donasi dan program beasiswa Prestasi Gemilang yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan kegiatan CSR Perseroan.

“Program ini mendukung rencana kegiatan dalam hal mendukung peningkatan di dunia pendidikan dalam hal peningkatan kompetensi pelajar dan guru serta peningkatan infrastruktur belajar mengajar,” jelas Achmad.

Dari sisi penyaluran dana, tambahnya,  Perseroan telah melakukan penyesuaian standar prosedur penyaluran dana yang sesuai dengan prinsip keuangan berkelanjutan yakni dengan melakukan pengembangan portofolio kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),  portofolio kredit perumahan ramah lingkungan, portofolio kredit untuk kegiatan konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab

Selain itu, Perseroan telah melakukan pengembangan dan peningkatan kapasitas pelaksanaan keuangan berkelanjutan tahap awal kepada anggota Direksi, Dewan Komisaris, manajemen senior, senior manajer, dan akan terus ditingkatkan kepada manajemen dibawahnya.

Kegiatan CSR yang mendukung keuangan berkelanjutan yakni penyediaan air bersih, peningkatan kualitas pelajar dan infrastruktur pendidikan serta peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *