Gelar PBAK, Undhar Motivasi Mahasiswa Baru

  • Bagikan
Mahasiswa baru Undhar mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan di kampus Jalan Yos Sudarso Medan, Sabtu (17/9/2022). beritasore/ist
Mahasiswa baru Undhar mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan di kampus Jalan Yos Sudarso Medan, Sabtu (17/9/2022). beritasore/ist

MEDAN (Berita) : Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Dharmawangsa (Undhar) diisi dengan berbagai kegiatan untuk lebih mengenal lingkungan kehidupan perkuliahan di perguruan tinggi tersebut.

Kegiatan yang hanya berlangsung sehari di kampus Jalan KL Yos Sudarso Medan, Sabtu (17/9/2022) itu lebih menitikberatkan pada bagaimana mahasiswa dapat beradaptasi dan menjalani proses perkuliahan sehingga bisa diwisuda tepat waktu.

“Kami mendorong mahasiswa agar termotivasi menamatkan kuliahnya tepat waktu. Bagi yang S1 sebaiknya diselesaikan tak lebih dari empat tahun, begitu juga yang D3 harus selesai dalam tiga tahun,” kata Rektor Undhar Dr H Zamakhsyari bin Hasballah Thaib Lc MA usai membuka kegiatan diikuti 550 mahasiswa baru perguruan tinggi itu.

Menurut rektor, pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan yang rutin dilakukan dalam menyambut mahasiswa baru dianggap penting untuk menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, dan jiwa entrepreneurship untuk menciptakan generasi unggul.

“Kegiatan ini penting untuk pengenalan dan sebagai tips agar lancar dan cepat selesai kuliah,” ujarnya seraya menegaskan tak ada perpeloncoan dalam rangkaian PBAK itu.

Rektor juga menyebut Undhar adalah kampus untuk melahirkan jiwa entrepreneurship.

“Yang membedakan Undhar dari kampus kebanyakan adalah mahasiswa di sini sudah tahu akan bekerja di mana setelah lulus. Bukan setelah lulus, baru memikirkan akan mencari kerja,” tukasnya.

Rektor mengakui, pada masa pengenalan budaya akademik dan kampus inilah, mahasiswa bisa menentukan arah Undhar empat tahun mendatang.

Selain tekun menjalani proses perkuliahan, rektor juga memotivasi mahasiswa baru agar aktif terlibat dalam Unit Kegiatan Kampus (UKM) sebagai lembaga kemahasiswaan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

“Di Undhar ini mahasiswa bisa memilih UKM yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ada UKM Klise bagi yang bertalenta seni, UKM Matahari bagi pencinta alam, sedangkan UKM Pedhas adalah Pers Dharmawangsa sebagai wadah jurnalistik mahasiswa,” sebut rektor.

Dijelaskannya, perwakilan UKM pencinta alam memenangkan juara 3 nasional yang mengolah sampah menjadi karya seni berupa lukisan. Prestasi lainnya juga diraih dengan merebut juara 1 panjat tebing se-Sumut.

Masa pengenalan kampus mahasiswa baru Undhar juga diisi dengan materi sistem proses pembelajaran disampaikan Warek I Dr Rahmat Hidayat MA. Kemudian, sistem administrasi keuangan disampaikan Warek II Drs H Eddy Iskandar Ak MM.

Sedangkan materi bidang kemahasiswaan disampaikan Warek III Muhammad Amri Nasution SE MSi, kemudian juga materi pengenalan fungsionaris oleh M Asnawi SE MM.

Selain itu, masing-masing dekan dan kepala program studi menyampaikan visi, misi fakultas dan prodi.

Sedangkan pengenalan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undhar diserahkan sepenuhnya kepada BEM Undhar, namun rektor memastikan tidak ada unsur atau berbau perpeloncoan.

Wakil Rektor III Muhammad Amri Nasution SE MSi yang juga bertindak sebagai ketua panitia menyebutkan kegiatan diikuti 550 mahasiswa baru dari 6 fakultas dan 12 prodi yang ada di Undhar.

“Salah seorang dari mahasiswa baru Undhar ada berasal dari Maluku yang merupakan peserta Program Bidik Misi,” kata Amri.

Amri menuturkan, rangkaian pengenalan budaya akademik dan kampus dilanjutkan dengan menggelar Pekan Raya Kewirausahaan pada November mendatang. Kemudian, sosialisasi tentang bahaya dan penyalahgunaan narkoba.

Ia menegaskan, Undhar berupaya menjadi kampus bebas narkoba. Hal itu diawali dengan mensyaratkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba yang harus dilengkapi calon mahasiswa ketika mendaftar ke Undhar.

Amri menyebut, di Undhar terdapat 18 himpunan mahasiswa, yakni Himpunan Mahasiswa Hukum, Agama Islam, Akuntansi, Manajemen, D3 Akuntansi, Perikanan, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi.

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan tersebut juga diisi dengan penampilan shalawatan persembahan dari Himpunan Mahasiswa Fakultas Agama Islam.

Acara dilanjutkan dengan minat dan bakat. Sebelum ditutup, acara dimeriahkan dengan games. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *