Fisipol UMA Hadirkan Dosen UGM Implementasi MoA, Latih Mahasiswa Menulis Artikel Ilmiah

  • Bagikan
Dekan Fisipol UMA Dr Effiati Juliana Hasibuan, M.Si dan Direktur Utama idpublishing Dr Andri Putra Kesmawan menunjukkan Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani. beritasore/Ist

MEDAN (Berita): Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA) menghadirkan Dr Andri Putra Kesmawan dosen Universitas Gajah Mada (UGM) dalam Acara Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di kampus 1 UMA Medan Estate, Jumat (6/10). Pelatihan ini merupakan Implementasi Memorandum of Agreement (MoA) di Antara kedua pihak.

Hadir Dekan Fisipol UMA Dr Effiati Juliana Hasibuan, M.Si, Wakil Dekan 3 Dr Dedi Sahputra, MA, Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Pemerintahan Dr Novita Wulandari, S.ST, M.Si, Kaprodi Ilmu Komunikasi Agnita Yolanda, B.Comm., M.Sc, dosen Fisipol UMA Agung Suharyanto, S.Sn, M.S.i dan diikuti sekitar 100 Mahasiwa sebagai peserta.

Dr Andri yang juga Direktur Utama idpublishing pengelola jurnal ilmiah ini mengatakan bahwa penelitian itu boleh salah dalam menganalisis objek penelitian tapi tidak boleh berbohong. “Seorang peneliti itu boleh salah tapi tak boleh bohong, harus jujur,” tegasnya.

Dia mengatakan, dalam mencari ide penelitian ada dua cara, yaitu dengan membaca literatur dan dengan melihat fenomena yang terjadi.

“Gagasan itu bisa dimulai dari baca-baca artikel lalu melihat fenomena yang terjadi.

Atau sebaliknya, dimulai dari melihat fenomena yang terjadi baru kemudian mendalaminya lagi dengan membaca artikel yang relevan,” urainya.

Dari pengalaman, Dr Andri mengatakan bahwa karya tulis ilmiah dihasilkan dari beberapa tahapan siklus, yaitu dimulai dari gagasan/ide, lalu mencari referensi, kemudian menulis, kemudian merenung, dan kemudian menulis lagi.

Sebelumnya Dekan Fisipol UMA Dr Effiati Juliana Hasibuan, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa.

“Tujuan penelitian ini untuk agar mahasiswa lebih memahami penulisan artikel ilmiah. Karena setiap jurnal memiliki aturannya sendiri,” ucapnya.

Dia mengajak mahasiswa untuk serius mengikuti acara pelatihan tersebut.

“Kegiatan menulis artikel ilmiah ini penting. Jadi mari sama-sama kita simak dengan selamat agar mendapatkan hasil yang maksimal,” tuturnya.

Wakil Dekan 3 Dr Dedi Sahputra, MA yang menjadi ketua panitia menjelaskan bahwa pelatihan ini dibuat untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah.

Selain itu mahasiswa dapat mendapatkan materi langsung dari pengelolaan jurnal ilmiah.

“Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menambah pengetahuannya dalam menulis artikel ilmiah.

Mahasiswa juga dapat menanyakan tentang penelitian yang sedang dikerjakan, baik itu skripsi maupun artikel untuk jurnal,” tuturnya.

Sebelum kegiatan pelatihan, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fisipol UMA dengan idpublishing.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Dr Effiati Juliana Hasibuan, M.Si dan Dr Andri Putra Kesmawan.(Ded)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *