RI-India Luncurkan  “Dialog Ekonomi dan Keuangan India – india”

  • Bagikan
Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati (kiri) bersama Menteri Kesatuan Keuangan dan Urusan Perusahaan India Smt. Nirmala Sitharaman (kanan) pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gujarat, India Senin (17/7). beritasore/ist

GUJARAT, INDIA (Berita): India dan Indonesia mengumumkan peluncuran “India – india Economic and Financial Dialogue” (EFD Dialogue) atau “Dialog Ekonomi dan Keuangan India – india” di sela-sela pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gujarat, India Senin (17/7).

Siaran pers yang diterima dari Konsulat Jenderal India di Medan Senin (17/7) menyebut Menteri Keuangan (Menkeu)  Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kesatuan Keuangan dan Urusan Perusahaan India Smt.

Nirmala Sitharaman, hari ini mengumumkan peluncuran “Dialog Ekonomi dan Keuangan India – india”. Platform yang diluncurkan pada pertemuan G20 Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG). Berupaya untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara dan mendorong pemahaman bersama tentang isu-isu global.

 “Evolusi ‘Kebijakan Melihat ke Timur’ India pada tahun 1991, diikuti oleh ‘Kebijakan Bertindak ke Timur’, telah memfasilitasi perkembangan pesat dalam hubungan bilateral kita, khususnya di bidang komersial dan budaya,” kata   Menteri Keuangan Persatuan India Smt  Sitharaman.

“Indonesia telah muncul sebagai mitra dagang terbesar India di kawasan ASEAN, dengan perdagangan kami mengalami peningkatan delapan kali lipat sejak 2005, mencapai 38 miliar dolar AS yang mengesankan pada TA 2022-2023,” katanya.

Dialog EFD siap untuk meningkatkan kolaborasi dalam masalah ekonomi dan keuangan bilateral dan internasional dengan menyatukan para pembuat kebijakan ekonomi dan regulator keuangan dari kedua negara.

Bidang kerja sama antara lain, meliputi tantangan ekonomi makro dan prospek ekonomi global, hubungan investasi bilateral, dan kerja sama dalam masalah G20 serta ASEAN. Menyadari potensi ekonomi digital, kedua Menkeu juga mencatat potensi kerjasama di bidang fintech untuk inklusi keuangan.

Mengingat kesamaan antara India dan Indonesia sebagai ekonomi yang tumbuh cepat, dan peran aktif mereka dalam organisasi multilateral seperti G-20, WTO, dan KTT Asia Timur, dialog ini menjanjikan kesempatan unik untuk saling belajar dan koordinasi kebijakan.

Para Menteri Keuangan menyimpulkan dengan optimisme bersama bahwa Dialog EFD tidak hanya akan memperdalam hubungan bilateral antara India dan Indonesia, tetapi juga berkontribusi pada stabilitas ekonomi dan keuangan yang lebih luas di Asia Tenggara dan dunia. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *