Perpanjang Umur Tambang, Agincourt Lanjutkan Pembangunan Martabe Tahap 2

  • Bagikan
Berita Sore/ist Direktur External Relations PT Agincourt Resources, Sanny Tjan, Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono foto bersama para wartawan pada acara buka puasa bersama di Medan Rabu (27/3/2024) malam.

MEDAN (Berita): Untuk mempertahankan operational exellence pada kegiatan existing, PT Agincourt Resources (PTAR) melakukan pembangunan jangka panjang yang disebut Martabe Tahap 2 guna memperpanjang umur tambang.

Direktur External Relations PT Agincourt Resources, Sanny Tjan mengatakan hal itu kepada wartawan pada Bincang ESG dan Iftar Bersama Tambang Emas Martabe di Medan Rabu (27/3/2024) malam. Acara silaturahmi dengan media itu dirangkai dengan buka puasa bersama.

Acara itu dihadiri Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara H Farianda Putra Sinik, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut M Syahrir, Ketua Media Siber Seluruh Indonesia (SMSI) Sumut Erris J Napitupulu, wartawan senior H Ronny Simon, sejumlah wartawan media cetak dan online di daerah ini.

Materi ESG disampaikan Stella Septania, ESG and Sustainable Development Expert Team NCSR Indonesia dan Denny Parsaulian, Redaktur Bidang Suplemen Media Indonesia.

Sanny Tjan menjelaskan pembangunan Martabe Tahap 2 melalui kegiatan eksplorasi secara kontinu, melakukan studi mineral sulphida dan tambang bawah tanah serta melakukan pembangunan fasilitas pengelolaan tailings yang baru.

Sedangkan beberapa aksi yang dilakukan dalam menurunkan emisi karbon adalah seperti pemasangan solar PV di area Tambang Emas Martabe dengan kapasitas 2,1 MWp, penggunaan 100 persen Biofuel B35 serta efisiensi energi melalui optimalisasi kegiatan operasional.

“Perusahaan juga rutin melakukan penanaman pohon baik di dalam maupun luar area Martabe,” tegas Sanny.

Ia menyebut pada tahun 2023, Agincourt Resources telah menanam 8.510 bibit pohon di area operasional serta 1.200 bibit tanaman lokal dan 30.000 bibit mangrove di luar area operasional.

Total penanaman pohon yang kami lakukan dari tahun 2012 sampai dengan Oktober 2023 sebanyak 90.305 bibit dengan potensi serapan carbon sebesar 22.453 ton CO2e.

Pada kegiatan CSR, Perusahaan tetap memprioritaskan pengembangan masyarakat di 15 desa yang berdekatan dengan area Tambang Emas Martabe atau DAV.

Total anggaran yang digunakan untuk program CSR tahun 2023 sebesar 2,1 juta dolar AS yang memberikan manfaat bagi total 18.367 individu secara langsung.

Selain itu, perusahaan juga tetap selalu memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar dengan 70 persen karyawan termasuk kontraktor merupakan karyawan lokal.

Pada Keberagaman Gender, tercatat sebanyak 750 karyawan perempuan, atau 22,5 persen dari total karyawan di PTAR dan mitra kerja.

“Dari sisi kinerja operasional dan keuangan, kami mencatatkan gold sales equivalent sebesar 175.430 ounce dan revenue sebesar 340 juta dolar AS dengan jumlah biji digiling (ore milled) sebesar 6,59 juta ton,” kata Sanny.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menambahkan hubungan kerja sama dengan pers terus meningkat dan saling solid. “Tanpa pers, tambang Martabe tak bisa seperti ini,” ungkap Katarina.

Ia berharap hubungan silaturahmi yang sudah baik ini terus berlanjut sesuai dengan tema pertemuan yang kami pilih “Menebar kebaikan, mempererat persaudaraan di bulan suci Ramadhan”. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *