Peran Pajak Sangat Strategis Dalam Pembangunan

  • Bagikan
Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam, Womsiter Sinaga (kanan) bersama Ketua DPRD Deliserdang Zakky Syahri (kiri) di Kantor DPRD Deliserdang kemarin. beritasore/ist
Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam, Womsiter Sinaga (kanan) bersama Ketua DPRD Deliserdang Zakky Syahri (kiri) di Kantor DPRD Deliserdang kemarin. beritasore/ist

MEDAN (Berita) :  Peran pajak tidak dapat dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada saat ini, pajak sangat strategis dan sangat penting dalam pembangunan bangsa membiayai pembangunan.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Lubuk Pakam, Womsiter Sinaga mengatakan hal itu pada silaturahmi dan  koordinasi  dengan  Ketua  DPRD  Kabupaten  Deliserdang Zakky Syahri di kantor DPRD Kabupaten Deli Serdang, Lubukpakam, Kamis (9/12).

Siaran pers yang diterima dari Kabid P2Humas Kanwil Dirjen Pajak Sumut I Bismar Fahlerie, Rabu (22/12) menyebut dalam  kunjungan  tersebut Womsiter didampingi Kepala Seksi Pengawasan VI, Lambok Parsaoran Simanungkalit, Kepala Seksi Pengawasan I, M Ika Yanuar dan Account Representative di Seksi Pengawasan VI, Wendra.

Pada pertemuan itu, Womsiter mengawali perbincangan dengan mengenalkan diri dan jajaran kemudian menyamakan persepsi tentang pajak.

“Peran pajak tidak dapat dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkap Womsiter.

Ia menjelaskan pajak berkontribusi lebih  dari 70 persen terhadap pendapatan negara dalam APBN setiap tahun. Dana pajak selain digunakan untuk gaji Aparat Pemerintah, yaitu: ASN Pusat dan Daerah, TNI/Polri juga membiayai pembangunan infrastruktur, membiaya vaksin dan pengobatan karena pandemi covid-19, pemberian BLT, pemulihan ekonomi nasional untuk membantu UMKM, dana BOS, subsidi dan sebagainya.

Dalam menghimpun penerimaan pajak, katanya,  KPP Pratama Lubuk Pakam yang merupakan perpanjangan tangan dari DJP tidak dapat berjalan sendiri.

KPP Pratama Lubuk Pakam harus didukung oleh semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah dan DPRD.

 “Kami berharap, pihak DPRD Deli Serdang dapat memberikan dukungan politik dalam pemungutan pajak.

Ikut serta mengawasi pemotongan/pemungutan dan penyetoran pajak pusat atas pengelolaan keuangan daerah yang bersumber dari APBD dan Dana Desa oleh Bendahara OPD dan Kepala Desa di Pemkab Deli Serdang,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan Womsiter tentang proses persiapan KPP Pratama Lubuk Pakam untuk mengikuti program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi. (ZI-WBK).

Untuk itu, ia meminta dukungan Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang agar KPP Pratama Lubuk Pakam berhasil mewujudkan wilayah bebas korupsi di KPP Pratama Lubuk Pakam, menjaga integritas pegawai, senantiasa melakukan inovasi pelayanan yang lebih baik kepada Wajib Pajak dan meningkatkan kinerja dengan mencapai target penerimaan pajak tanpa korupsi.

Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang Zakky Shahri dalam sambutannya, selain bangga dan berbesar hati atas kunjungan Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam beserta rombongan, juga mengucapkan selamat datang ke Kabupaten Deli Serdang.

Zakky menjelaskan bahwa antara Pemkab Deli Serdang dan KPP Pratama Lubuk Pakam telah lama terjalin komunikasi dan koordinasi yang sangat baik.

Ia juga berterima kasih atas informasi dan masukan dari Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam sebagai bahan bagi DPRD Deli Serdang untuk melakukan pengawasan di Pemkab Deli Serdang, khususnya dalam pengawasan pemungutan pajak pusat,  yang pada akhirnya masukan tersebut juga ditujukan untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang.

“Kami siap mendukung KPP Pratama Lubuk Pakam dalam program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara KPP Pratama Lubuk Pakam dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam upaya optimalisasi penerimaan negara. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *