Meutya Hafid: Digitalisasi Kunci Utama Pengembangan Usaha

  • Bagikan
Berita Sore/ist Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid pada seminar Literasi Digital belum lama ini di Medan.

MEDAN (Berita): Digitalisasi memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan usaha di era modern ini.

“Dengan adanya perkembangan teknologi digital, usaha dapat memanfaatkan berbagai platform online untuk memperluas jangkauan dan memperkuat keberadaan mereka di pasa,” kata Meutya Viada Hafid, Ketua Komisi I DPR RI Minggu (17/3/2024).

Pada seminar Literasi Digital bertajuk “Peran Digitalisasi dalam Pengembangan Usaha” yang digelar 12 Pebruari 2024 di Medan, Meutya juga pernah mengungkapkan hal serupa bahwa betapa pentingnya saat ini untuk bertransformasi digital dalam pengembangan usaha.

Menurut Meutya, digitalisasi memberikan kemudahan dalam mengelola dan mempromosikan usaha, serta memberikan akses kepada pelanggan yang lebih luas.

“Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce, cloud computing, dan media sosial, pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik,” katanya

Meutya menyebut hal penting yang perlu diingat adalah jika sudah memantapkan untuk bertransformasi melalui digital, maka perlu adanya konsistensi, kreativitas dan inovasi yang perlu terus untuk ditingkatkan.

“Pembuatan konten yang menarik dan secara konsisten akan menambah nilai dalam usaha,” ungkapnya.

Pendamping UMKM, Fiki Fariansyah juga menambahkan bahwa, melalui digitalisasi, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengakses informasi yang relevan untuk mengembangkan usahanya. Informasi tentang pasar, harga, dan tren dapat diperoleh dengan cepat melalui internet.

“Pelaku usaha, termasuk UMKM yang sudah terdigitalisasi sudah terbukti memiliki ketahanan lebih baik, contohnya selama masa pandemi mereka mampu bertahan bahkan mempertahankan ekonomi Indonesia,” kata Fix.

Dalam kesempatan yang sama, Meutya Hafid juga mengajak para peserta pelaku usaha atau UMKM untuk sama-sama memanfaatkan digitalisasi sebagai kunci dalam pengembangan usaha.

“Mari bersama-sama mengakui pentingnya digitalisasi dalam mengembangkan usaha, dan terus mendorong pelaku usaha untuk mengadopsi teknologi digital guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan berdaya saing di pasar global,” kata Fix. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *