Menlu AS Bertemu Menko Kemaritiman dan Investasi RI Bahas Transisi Energi

  • Bagikan
WASHINGTON  (Berita): Menteri Keuangan AS Janet L. Yellen bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan di Wasington D.C., Jumat (4/8).
Siaran pers yang diterima dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta Senin (7/8) menyebut dalam pertemuan itu Menteri Yellen membahas tentang kerja sama Kemitraan Transisi Energi Indonesia yang Adil (Just Energy Transition Partnership/JETP) dengan Indonesia.
Hal itu terkait Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif (Comprehensive Investment and Policy Plan/CIPP). CIPP akan memberi infomasi bagaimana mitra mengalokasikan 20 miliar dolar AS dalam pembiayaan JETP untuk proyek dan prioritas tertentu. Ini akan mendukung pencapaian target iklim ambisius yang ditetapkan Pemerintah Indonesia dalam Pernyataan Bersama JETP pada November 2022.
Menkeu Yellen membahas upaya berkelanjutan Indonesia untuk mengembangkan dan menerapkan strategi ambisius untuk transisi sektor kelistrikan on-and-off-grid yang mendukung pembangunan ekonomi Indonesia sekaligus mengurangi emisi.
Menkeu AS juga membahas Undang-Undang Pengurangan Inflasi (Inflation Reduction Act), yang menetapkan jalur yang kuat untuk Amerika Serikat memenuhi target pengurangan emisi sementara mengkatalisasi pekerjaan melalui investasi terbesar kami dalam memerangi perubahan iklim. (wie)
Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *