Masyarakat Antusias Tukar Uang Pecahan Baru di Plaza Medan Fair

  • Bagikan
Berita Sore/ist Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Suharman Tabrani (tiga kiri) dan Kepala Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara Arif Mandu bersalaman di acara Serambi Plaza Medan Fair, Senin (25/3/2024).

MEDAN (Berita): Belum dibuka, masyarakat sudah berjubel di halaman Plaza Medan Fair untuk menukarkan uang pecahan baru buat berlebaran.

Pantauan Berita di halaman Plaza Medan Senin (25/3/2024), masyarakat sudah datang pagi-pagi ke sana untuk ambil nomor antri. Sebelumnya mereka menukar uang pecahan baru dengan mendaftar di website PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) pada Senin (25/3/2024) resmi membuka layanan penukaran uang Rupiah pecahan baru untuk kebutuhan lebaran Idulfitri 1445.

Layanan yang dikemas dalam program Serambi Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) diawali di Plaza Medan Fair, Medan pada 25 Maret hingga 5 April 2024.

Layanan penukaran uang dari BI Sumut juga akan hadir di beberapa tempat seperti Pusat Pasar Medan pada 27 Maret, dan di Pasar Sukaramai pada 28 Maret. Jam operasional semua layanan kas dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Selain itu, BI pun menyediakan layanan di Rest Area Tol Tebing Tinggi khusus bagi pemudik mulai tanggal 2-4 April 2024.

“Masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah melalui mobil kas keliling yang telah disiapkan, berlangsung 25 Maret hingga 5 April 2024,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut IGP Wira Kusuma saat memantau penyelenggaraan program Serambi tersebut di Plaza Medan Fair, Senin (25/3/2024). Saat itu dia didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Suharman Tabrani.

Wira menyebut, layanan ini disediakan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah baru yang cenderung meningkat saat Ramadan hingga Idulfitri.

Didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Suharman Tabrani, Wira mengakui permintaan akan uang Rupiah itu meningkat biasanya di periode-periode seperti saat ini. BI Sumut pun menyediakan Rp7,2 triliun untuk kebutuhan permintaan tersebut.

“Mudah-mudahan ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk penukaran uang ini,” katanya.

Wira menuturkan, selama periode tersebut BI Sumut melayani 1000 penukar setiap harinya, dengan maksimal nominal yang ditukar per hari adalah Rp4 juta per orang.

“Ini penyelenggaraan hari pertama dan kami lihat antusias masyarakat sangat tinggi. Nanti akan kami evaluasi pelaksanaannya untuk perbaikan penyelenggaraan esok hari,” ungkapnya.

Selain layanan penukaran uang Rupiah, program Serambi 2024 di Plaza Medan Fair juga diramaikan oleh beberapa stand mitra BI seperti Pojok UMKM dan Bulog, Pojok Pajak dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, hingga layanan kesehatan gratis.

Paket penukaran layanan kas keliling BI total sebanyak Rp4 juta dengan rincian pecahan Rp50.000 (Rp1 juta), Rp20.000 (Rp1 juta), Rp10.000 (Rp1 juta), pecahan 5.000 (Rp500 ribu), Rp2000 (Rp400 ribu) dan Rp1.000 (Rp100 ribu). Tersedia juga penukaran UPK 75.

Setiap orang hanya boleh menukar satu kali dalam sehari hanya sebanyak Rp4 juta. Namun, masyarakat boleh menukar satu pecahan saja, misalnya Rp5.000 (Rp500 ribu) atau pecahan lainnya.

Pemesanan paket penukaran uang Rupiah dilakukan melalui website PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Caranya, Klik menu penukaran uang melalui kas keliling, pilih provinsi penukaran, pilih lokasi dan waktu pelaksanaan penukaran yang diinginkan dan klik lanjut.

Kemudian, penukar dapat menginput data pemesan pada website dan klik lanjutkan. Selanjutnya, pemesan dapat memilih pecahan yang tersedia dengan total maksimal penukaran Rp4 juta.

Masyarakat menukar uang melalui aplikasi PINTAR dengan menentukan lokasi penukaran dimana. Pemberian layanan secara go show bagi masyarakat yang belum mendaftar di PINTAR selama kuota masih tersedia.

Setelah selesai melakukan pemesanan, website PINTAR akan menampilkan kode pemesanan (dapat berupa QR Code). Kode pemesanan tersebut selanjutnya beserta KTP asli ditunjukkan kepada petugas kas keliling untuk dilakukan verifikasi pada saat pelaksanaan penukaran uang Rupiah.

Antrian penukaran uang Rupiah di Plaza Medan Fair terlihat berlangsung tertib dan lancar. Turut hadir di kegiatan itu Kepala Divisi Implementasi Kepda BI Sumut Indra Kuspriyadi, dan Kepala Perum Bulog Sumut, Arif Mandu.(wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *