Malaysia Targetkan 2024 Turis RI 4 Juta Melancong Ke Negaranya

  • Bagikan
Berita Sore/ist Direktur Tourism Malaysia Medan Chan Hon Mun berfoto bersama wartawan di hotel Le Polonia Medan Rabu (31/1/2024).

MEDAN (Berita): Direktur Tourism Malaysia Medan Chan Hon Mun menegaskan tahun 2024, Malaysia menargetkan pelancong dari Indonesia sebanyak 4 juta orang masuk ke negaranya.

Chan memaparkan hal itu kepada wartawan di sela pembukaan Roadshow Malaysia Travel Exchange (MTEX) di Le Polonia Medan Rabu (31/1/2024) sore.

Roadshow itu diselenggarakan oleh Asosiasi Agen Tur dan Perjalanan Malaysia atau Malaysian Association of Tour Travel Agent (MATTA) Selangor Chapter, bekerja sama dengan Tourism Malaysia, MTEX. Roadshow selama lima hari di Surabaya dan Medan mulai 28 Januari hingga 1 Februari 2024.

“Malaysia selain terkenal dengan wisata medis juga wisata alam,” kata Chan.

Selangor, misalnya, kata Chan, menawarkan
wisata alam yang sangat indah pantulan cahaya atau sky mirror dari air laut. Sky mirror hanya ada dua di dunia yakni di Selangor dan Bolivia. “Cuma di Bolivia pantulan cahaya itu dari pasir,” ungkapnya, seraya menambahkan butuh sekitar 1 jam dari Kuala Lumpur menuju Selangor.

Chan menambahkan wisatawan mancanegara (Wisman) dari Indonesia ke Malaysia pada tahun 2023 sebanyak 3,1 juta orang, meningkat dibanding tahun 2022 sebanyak 1,5 juta orang. Sementara target tahun 2023 sebanyak 2,9 juta wisman. ‘Kami targetkan tahun ini mencapai 4 juta wisman Indonesia,” tegas Chan.

Pada tahun ini, katanya, sektor wisata dan Tourism Malaysia terus meningkatkan hubungan kerjasama dengan Indonesia

Ada 186 penerbangan dari Sumatera menuju Malaysia, sebanyak 106 diantaranya dari Kualanamu Medan. “Itulah makanya kami datang kan MATTA Selangor ke sini Dimana penduduk Sumut mencapai 14 juta yang berpotensi melawat ke Malaysia karena jaraknya yang cukup dekat,” ungkap Chan.

Menurut Chan, untuk mencapai 4 juta wisman Indonesia itu, pihaknya promosi wisata ke wilayah kerjanya di Sumatera seperti ke Aceh,
Sumsel, Jambi dan Bengkulu

Slogan wisata Malaysia tetap “Truly Asia” yang bermakna di sana semua lengkap, ada kuliner dan home stay. Juga ada “Tahun Melawat Malaysia”.

Ada empat negeri yang meluncurkan “Tahun Melawat Malaysia” yakni Perlis, Perak, Melaka
dan Kelantan.

Chan Mutasi ke KL

Pada roadshow MATTA itu, Chan dikejutkan dengan kue tar perpisahan (farewell) dirinya yang akan dalam minggu ini mutasi ke Kuala Lumpur (KL).

Ia mengucapkan selamat tinggal dan akan segera kembali ke induknya, Tourism Malaysia. “Tak terasa waktu begitu cepat dan selama di Medan ia merasakan kehangatan, keakraban masyarakat di sini, terlebih media yang dekat dengannya.

“Sukses selalu ya pak,” kata Rizanul, wartawan senior di Medan. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *