Himbara Tambah Uang Cash Sambut Nataru

  • Bagikan

JAKARTA ( Berita ) : Himpunan Bank Bank Negara (Himbara) memperkirakan kebutuhan masyarakat akan uang cash dalam menyambut hari Natal dan Tahun Baru (nataru) 2022 cukup tinggi.

Untuk itu anggota Himbara seperti Bank BRI, Bank BTN, Bank BNI dan Bank Mandiri melaporkan telah menambah uang cash menyambut nataru.

Misalnya PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk,  telah mengantisipasi kebutuhan dana selama nataru dengan menyiapkan dana Rp 30,4 triliun. Kas yang disiapkan BRI dalam hari raya Nataru kali ini mengalami peningkatan 4,8% jika dibandingkan tahun lalu (year on year/yoy).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha mengatakan, transaksi nasabah dalam periode Nataru kali ini berpotensi mengalami peningkatan, mengingat kondisi pandemi yang mulai mereda.

Untuk itu, BRI juga tetap membuka layanan operasional secara terbatas saat Nataru.

“Layanan perbankan di unit kerja BRI juga kami tujukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Kami sediakan layanan saat akhir pekan mulai tanggal 25 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022 meliputi 20 unit kerja di berbagai wilayah,” jelas Arga dalam keterangan resminya, pekan lalu.

Untuk kebutuhan transaksi pada tanggal 26 Desember 2021 dan 2 Januari 2022 dilayani oleh unit kerja Weekend Banking Reguler.

Antisipasi transaksi dipersiapkan pada layanan e-channel seperti EDC, ATM, dan CRM BRI. Hingga kini, BRI tercatat telah memiliki lebih dari 23.000 ATM dan CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk., mengalokasikan dana tunai sebesar Rp18 triliun untuk menjamin kebutuhan dana nasabah selama perayaan nataru 2022.

Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman mengatakan, dari jumlah uang cash yang disiapkan sekitar 25 persen atau sebesar Rp 4,507 triliun untuk pengisian mesin ATM dan sisanya sebesar Rp 13,544 triliun atau 75 persen digunakan untuk kas kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas.

“Selama periode 20 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 atau selama 13 hari kalender, total likuiditas dana yang dipersiapkan Bank BTN adalah sebesar Rp18 triliun,” ujar Ari Kurniaman dalam keterangan tertulis, akhir pekan.

Dijelaskan, alokasi uang tunai untuk periode Nataru ini menurun jika dibandingkan tahun lalu.

Hal tersebut disebabkan pengurangan hari libur dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Sedangkan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp15,4 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan nataru 2022. Adapun penyediaan kas tersebut meningkat 2,8 persen secara tahunan.

“Tahun lalu, BNI menyiapkan uang tunai senilai Rp14, 9 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama libur nataru 2021,” ujar Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom, akhir pekan.

Menurutnya, hal tersebut didasari oleh mobilitas masyarakat akan tetap dijaga oleh pemerintah.

Di samping itu, transaksi pembelian dan kirim-kirim uang sudah dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan murah melalui aplikasi BNI mobile banking maupun dompet digital.

Terkait kesiapan, hal-hal yang BNI siapkan yakni pengoperasian sebagian kantor fisik BNI terutama di daerah-daerah dengan kebutuhan layanan tinggi.

“Namun kami juga mempersiapkan digital banking, karena lonjakan transaksi juga terjadi cukup kuat di periode akhir tahun,” ujar Mucharom.

Terakhir, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 20 triliun selama Desember 2021. Hal ini untuk mengantisipasi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Direktur Operation Bank Mandiri Toni EB Subari mengatakan alokasi ini meningkat sekitar 19 persen dari periode yang sama tahun lalu. Hal ini menyusul proyeksi kenaikan kebutuhan pengisian ATM seiring peningkatan transaksi masyarakat.

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 akan mengalami peningkatan. Maka itu, seluruh kantor cabang kami pun juga akan tetap beroperasi normal untuk melayani nasabah,” terangnya. (agt)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *