FESyar 2023 Capai Total Transaksi Bisnis Rp335,99 Miliar

  • Bagikan
Berita Sore/laswie wakid, Kepala Perwakilan BI Sumut IGP Wira Kusuma (tiga kiri) bersama isteri dan Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim (dua kiri) pada penutupan FESyar Sumatera 2023 di Plaza Medan Fair Minggu (23/7).
Berita Sore/laswie wakid, Kepala Perwakilan BI Sumut IGP Wira Kusuma (tiga kiri) bersama isteri dan Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim (dua kiri) pada penutupan FESyar Sumatera 2023 di Plaza Medan Fair Minggu (23/7).

 

MEDAN (Berita): Berdasarkan informasi yang dieroleh, total outcome transaksi bisnis dalam penyelenggaraan road to Fesyar Sumatera 2023 dari 12 KPwDN seSumatera mencapai Rp335,99 miliar.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia
Provinsi Sumatera Utara IGP Wira Kusuma mengatakan hal itu pada penutupan Festival Syariah (FESyar) Sumatera 2023 di Plaza Medan Fair Minggu (23/7).
Ia menjelaskan total Rp335,99 miliar itu terdiri dari omset penjualan showcasingUsaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebesar Rp24,5 miliar (offline Rp9,71 miliar dan online Rp14,81 miliar). Total transaksi ekspor mencapai Rp145,44 miliar. Business matching pembiayaan, perdagangan, dan ekspor sebesar Rp96,49 miliar. Total lelang wakaf sebesar Rp69,56 miliar.
. Sementara itu, selama pelaksanaan FESyar Sumatera 2023 di tiga lokasi di Kota Medan diikuti 259 UMKM yang melakukan showcasing offline baik binaan Bank Indonesia se-Sumatera (179 UMKM), juga dari
binaan mitra stakeholder Bank Indonesia (80 UMKM).
“Produk-produk tersebut dapat kita lihat secara langsung di tiga lokasi pameran di Istana Maimun, Jalan Mesjid Raya dan Plaza Medan Fair,” ungkap Wira, panggilan akrabnya.
Untuk meningkatkan efektifitas promosi UMKM, Wira menyebut BI melakukan program digitalisasi UMKM antara lain berupa fasilitasi
pembuatan QRIS (101 UMKM), on boarding 130 UMKM ke ecommerce Tokopedia, Blibli, dan Shopee, e-catalog 179 UMKM Binaan Bank Indonesia se-Sumatera, serta promosi pada website Isef.co.id.
“Disamping itu untuk meningkatkan kapasitas UMKM, kami telah menyelenggarakan business matching perdagangan dan pembiayaan yang melibatkan UMKM dan pesantren,” katanya.
Adapun untuk business matching pembiayaan yang didukung oleh Asbisindo Sumut telah disalurkan kepada UMKM mencapai Rp40,3 miliar. Sementara untuk program lelang wakaf yang mencakup 14
program unggulan dari BWI (Badan Wakaf Indonesia) dan Lembaga ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf) dibawah
FOZ (Forum Zakat) Sumatera Utara serta yayasan Syekh Ali Jaber memperoleh donasi mencapai Rp22,77 miliar.
Wira menambahkan program akselerasi sertifikasi halal produk yang difasilitasi juga melebihi target dari 1445 UMKM hingga saat ini yang dalam proses pendampingan mencapai lebih dari 2317 UMKM.
Pembentukan halal center baru di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) setelah sebelumnya Sumatera Utara
telah memiliki halal center di Universitas Medan Area (UMA) dan Universita Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
“Ke depan peran ketiga halal center di Universitas tersebut akan terus dioptimalkan untuk mendukung penguatan ekosistem halal value chain di Sumatera Utara,” ujarnya.
Selain itu, penyaluran Program Sosial Bank Indonesia untuk pengembangan ekonomi syariah dan kemandirian pesantren mencapai lebih dari Rp7,2 miliar per Juli 2023.
Wira menyebut Berbagai forum berupa seminar, talkshow, tabligh akbar, dan edukasi syariah telah diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi publik terkait peningkatan potensi ZISWAF produktif, sertifikasi halal produk, digitalisasi keuangan sosial syariah, wirausaha, produk unggulan UMKM, pariwisata ramah muslim, pembiayaan syariah, dan penguatan ekosistem halal.
‘Kami juga mencatat antusias publik yang sangat luar biasa menyambut FESyar Sumatera 2023. Sekitar 303.751 akun telah
mengakses informasi seputar Fesyar Sumatera 2023 melalui
instagram @bank_indonesia_sumut.
Kehadiran peserta pada berbagai forum via youtube dan zoom hingga hari ke-3 mencapai
18.560 peserta online. “Sementara untuk kunjungan secara langsung ke 3 lokasi FESyar Sumatera kami perkirakan mencapai
lebih dari 69.600 orang hingga hari ke-3,” katanya.
“Kami informasikan juga berdasarkan data rekapitulasi per 23 Juli 2023, tercatat omset penjualan UMKM pada 3 hari pelaksanaan
Fesyar Sumatera 2023 di 3 lokasi mencapai Rp7,64 miliar. Jumlah tentunya akan terus bertambah mengingat proses rekapitulasi
hingga hari terakhir showcasing masih berlangsung,” jelasnya.
Sehingga berdasarkan informasi keseluruhan dari penyelenggaraan road to Fesyar Sumatera 2023 di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia se-Sumatera dan Fesyar Sumatera 2023 di Kota Medan
diperkirakan menghasilkan dampak ekonomi lebih dari Rp443 miliar.
Upaya Bank Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah inklusif yang diiringi oleh digitalisasi tidak hanya berhenti
seiring dengan berhentinya rangkaian Fesyar Sumatera 2023 hari ini.
‘Bank Indonesia akan terus mendukung pelaksanaan berbagai event dan campaign pengembangan ekonomi syariah (eksyar). termasuk dalam waktu dekat yang akan dirangkaikan dengan ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival).
Wira menambahkan berbagai program-program lanjutan untuk memajukan perekonomi syariah berupa pengembangan, pendampingan, dan digitalisasinya akan terus dilakukan oleh seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia.
“Program ini tentunya akan terus dilaksanakan bersama dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak melalui sinergitas dan kolaborasi yang berkelanjutan demi mencapai visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia,” jelasnya.
Hadir pada penutupan itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S. Trinugroho mewakili Gubsu Edy Rahmayadi, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia se-Sumatera dan Pimpinan Bank Indonesia, Pengurus Asbisindo Sumut dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumut. Pada penutupan itu juga digelar Talkshow tentang ekonomi syariah dan peragaan busana yang dirancang desainer Wignyo dari kain khas daerah di Sumatera.
Kegiatan Fesyar Sumatera 2023 selama tiga hari di Medan mulai lomba In2Motionfest (lomba design dan fashion show), Pesantren
Unggulan, Ziswaf Unggulan, Dakwah Eksyar Antar Pesantren, Konten Eskyar, Wirausaha Muda Syariah, Video Kreasi Nasyid. Juga
lomba MTQ Putra dan Putri. Terima kasih telah memberikan performa terbaik pada acara Fesyar Sumatera 2023.
Pelaksanaan FESyar menuju ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival) pada Oktober 2023 mendatang.(wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *