Ekonomi Global Terpengaruh Pengetatan Suku Bunga AS 

  • Bagikan
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA (Berita): Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, ekonomi global akan terpengaruh terhadap pengetatan kebijakan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) jika dilakukan begitu cepat dan kenaikkannya tinggi.

Dampak pengetatan suku bunga itu akan berpengaruh terhadap inflasi dan juga nilai tukar mata uang dunia, termasuk rupiah.

Karena  saat ini kontribusi dari sisi produksi itu lebih dominan dibandingkan permintaan,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Rabu (8/6).

Menurutnya, implikasi dari hal tersebut berupa  penyesuaian kebijakan fiskal dan moneter terlalu cepat atau ketat yang tujuannya mempengaruhi sisi permintaan, sebetulnya tidak menyelesaikan masalah dari sisi produksi.

“Kan persoalan awalnya adalah dari sisi produksi, yaitu produksinya terkena disrupsi akibat perang maupun karena waktu itu pandemi,” jelas Sri Mulyani.

Dia menilai, ketidakseimbangan antara produksi dan permintaan ini akan menjadi satu tema terus-menerus, dalam pembahasan di forum ekonomi dunia dari sekarang hingga 2023.

“Dinamika antara permintaan dan supply, serta instrumen mana yang dianggap paling pas, paling tepat untuk bisa menyelesaikan potensi kemungkinan terjadi stagflasi,” imbuh Menkeu

Dengan catatan, sambungnya, dampak timbulnya risiko ekonomi yang sangat besar ini yang akan menjadi tema di dalam kebijakan makro dan mikro yang berlanjut bagkan ke sektoral.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan, kenaikan harga-harga komoditas energi dan pangan akan menyebabkan pengetatan dari kebijakan moneter.

“Mungkin kami sampaikan di dalam forum ini, diskusi yang muncul itu adalah menyangkut seberapa cepat dan seberapa ketat kebijakan moneter untuk menangani inflasi, yang akan berdampak pada pelemahan dari sisi produksi,” tuturnya.

Hal tersebut lanjutnya, akan terus menjadi pembahasan dalam forum ekonomi dan keuangan, termasuk di dalam pertemuan G20 akan muncul.serta event-event internasional lainnya. (agt)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *