BPS Sumut: Surat Kabar Tak Lagi Masuk Dalam Survei Biaya Hidup 2022

  • Bagikan
Berita Sore/laswie wakid Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin pada acara sosialisasi SBH 2022 di Jalan Asrana Medan Selasa (30/1/2024).

MEDAN (Berita): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat Surat Kabar Harian, salah satu komoditas yang tidak lagi masuk dalam Survei Biaya Hidup (SBH) 2022, bersama sejumlah komoditas lainnya.

“Surat Kabar Harian tidak lagi menjadi kebutuhan sehingga sudah dikeluarkan dari SBH 2022 karena tidak ada pengaruhnya untuk inflasi. Kebanyakan masyarakat sudah membaca berita lewat online,” tegas Nurul Hasanudin, Kepala BPS Sumut kepada wartawan di kantornya Selasa (30/1/2024).

Hasan, panggilan akrab Nurul Hasanudin Sumut memaparkan tentang SBH 2022 dalam acara Sosialisasi Survei Biaya Hidup 2022, perubahan Tahun Dasar Indeks Harga Konsumen yang digelar BPS di Sumut di kantornya Jalan Asrama Medan. Peserta dari BI dan BPS Kabupaten/kota

Selain Surat Kabar Harian yang hilang dalam Survei Biaya Hidup 2022, juga ada beberapa komoditi lainnya seperti beberapa jenis ikan segar dan ikan asin, lampu TL/neon, PX/XL, tarif telepon, speaker, VCD/DVD Player, kamera, sewa tempat karaoke serta kertas HVS.

Sementara itu ada beberapa komoditas baru yang tambah dan masuk dalam Survei Biaya Hidup seperti kopi cair dan air teh kemasan, gas bumi rumah tangga, bawang batak, andaliman, makanan hewan peliharaan, transaksi, pompa air, serum kecantikan dan jasa penitipan anak.

Dalam survei biaya hidup, baik SBH 2018 maupun SBH 2022, andil makanan minuman dan tembakau memiliki bobot tertinggi disusul pakaian dan alas kaki.

Hasan menambahkan hasil SBH 2022 ini ada 461 komoditas yang disurvei di delapan kota, tiga diantaranya penambahan kabupaten yakni Medan, Padangsidimpuan, Sibolga, Pematangsiantar, Gunungsitoli. Lalu ada tiga kabupaten yang ditambah yakni Kabupaten Labuhanbatu, Karo dan Deliserdang yang dimulai Januari 2024 dan rilis Pebruari 2024. Cakupan sampelnya juta bertambah menjadi 1.200 blok sampel dengan 12.000 rumah tangga.

Sedangkan SBH 2018 sebanyak 503 komoditas dengan cakupan sampel 720 blok sensus dan 7.300 rumah tangga. SBH 2018 mulai digunakan Januari 2020 mencakup lima kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yakni Medan, Sibolga, Pematangsiantar, Padangsidimpuan dan Gunungsitoli.

Secara nasional, ada tambahan 90 kabupaten baru yang masuk dalam SBH 2022. Kota lama tetap dilanjutkan di 90 kabupaten/kota.

Menurut Hasan, pemutakhiran data mengingat perubahan pola konsumsi masyarakat atas perilaku technology. Pengeluaran tahun dasar akibat shock, krisis Dan sebagainya.

Berdasarkan CP Manual, periode yang diharapkan untuk melakukan pembaharuan paket komunitas tidak lebih dari lima tahun.(wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *