Agincourt Resources Komit Dukung Peningkatan Mutu Pers

  • Bagikan
Berita Sore/laswie wakid Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Direktur External Relations PT Agincourt Resources, Sanny Tjan, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik dan Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu, pengurus PWI Sumut Zulfikar Tanjung pada penyerahan Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2024 di Hotel Santika Medan Sabtu (18/5/2024).

MEDAN (Berita): PT Agincourt Resources (PTAR) berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan mutu pers Indonesia,
bersama-sama dengan Dewan Pers yang bertugas melindungi kemerdekaan pers dan
meningkatkan kualitas kehidupan pers, juga bersama organisasi dan asosiasi di bawah
naungan Dewan Pers.

“Kami berharap kemitraan kami dengan organisasi pers dan insan pers terus terjalin baik, solid, dan saling mendukung,” sebut Katarina Siburian Hardono, Senior Manager Corporate Communications Agincourt Resources Sabtu (18/5/2024) petang.

Katarina berbicara pada penyerahan Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2024 di Hotel Santika Medan. Di sana hadir Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Direktur External Relations PT Agincourt Resources, Sanny Tjan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara H Farianda Putra Sinik dan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Erris J Napitupulu.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, menyampaikan apresiasi kepada PTAR yang
telah menempatkan pers sebagai pemangku kepentingan strategis.

Pers merupakan penegak demokrasi yang penting. Pemberian penganugerahan ini merupakan bagian dari apresiasi Agincourt Resources kepada kerja dan fungsi pers.

“Kami dari Dewan Pers mengucapkan terima kasih kepada Agincourt Resources,” ujarnya.

Ninik mengingatkan agar jurnalis terus menjaga kemerdekaan pers di era digital saat ini. Sebagai penegak demokrasi, pers tidak hanya memberikan informasi dan pengetahuan kepada publik, melainkan juga kontrol sosial penyusunan kebijakan dan dampak kebijakan pemangku kepentingan.

“Mewakili komunitas Pers, saya mengapresiasi tinggi management PT Agincourt Resources yang menempatkan insan pers sebagai pemangku kepentingan strategis dalam perjalanan kinerja perusahaan,” katanya.

Ninik menilai Ini luar biasa dan perlu dicontoh oleh perusahaan publik lainnya dalam mendorong sinergi atau kerjasama positif dengan media massa,” ungkap Ninik.

Melalui Anugerah Jurnalistik tersebut, kata Ninik Rahayu, tidak saja menjadi sarana komunikatif antara perusahaan dengan media massa, tapi sekaligus memacu peningkatan kualitas karya jurnalistik di kalangan insan pers atau wartawan dalam mendukung pencerdasan kehidupan bangsa sebagai salah satu peran dan fungsi pers.

Ninik Rahayu mengapresiasi kegiatan Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik ke-7 bertema ‘Penerapan Aspek Enviromental, Social dan Governance (ESG) untuk Pertambangan Berkelanjutan’ yang digelar PT Agincourt Resources Pengelola Tambang Emas Martabe di Sumatera Utara.

“Mewakili komunitas Pers, saya mengapresiasi tinggi management PT Agincourt Resources yang menempatkan insan pers sebagai pemangku kepentingan strategis dalam perjalanan kinerja perusahaan.

Sebelumnya, Direktur External Relation PT Agincourt Resources (PT AR) Sanny Tjan mewakili management menyebutkan, sejak awal beroperasi di 2012, PT AR senantiasa menempatkan pers sebagai pemangku kepentingan strategis perusahaan melalui bentuk dukungan Capasity Building insan pers, memfasilitasi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan yang dilaksanakan Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), termasuk rutin menggelar anugerah Jurnalistik setiap tahunnya.

Direktur External Relations PT Agincourt Resources, Sanny Tjan, mengatakan Lomba Karya Jurnalistik 2024 diharapkan dapat menjadi ajang kolaborasi dan sinergi terhadap keterbukaan informasi mengenai tambang berkelanjutan yang menerapkan aspek ESG.

Saat ini aspek ESG adalah sesuatu yang mutlak atau hakiki bagi perusahaan tambang agar tidak hanya bermanfaat bagi bidang ekonomi semata, melainkan juga penting dalam menjaga keseimbangan antara tujuan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Pencapaian luar biasa ini tidak terlepas dari peran media yang memberitakan kepada
masyarakat. Selamat kepada seluruh jurnalis yang menang dan bagi yang belum beruntung
tetap semangat, masih ada kompetisi berikutnya.

“Mari terus memberikan informasi terbaik
kepada masyarakat,” tambahnya.

Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe adalah satu dari sedikit kompetisi jurnalistik yang diadakan perusahaan tambang di Indonesia. Tahun 2024 merupakan tahun ketujuh PTAR menghelat Lomba Karya Jurnalistik.

Senior Manager Corporate Communications Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, menjelaskan jumlah karya tulis yang ikut serta di Lomba Karya Jurnalistik 2024 melonjak hingga 95 persen dibandingkan dengan tahun lalu.Karya-karya tersebut datang dari jurnalis produktif yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatra Utara, Belitung, Palembang,
Jabodetabek, Bandung, Solo, Wonosobo, hingga Jayapura.

Karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan adalah karya yang mengandung informasi yang bermanfaat bagi publik, proporsional, mengedukasi publik, berdasarkan pada keakuratan data dan fakta serta memenuhi unsur jurnalistik.

Sebanyak 54 persen karya di antaranya berasal dari wilayah Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah, lokasi Tambang Emas Martabe beroperasi.

“Banyaknya karya dari jurnalis di tanah Tapanuli membuktikan bahwa komitmen kami menggelar berbagai program media capacity building secara serius dan konsisten sejak 10
tahun lalu telah membuahkan hasil. Para jurnalis dari tanah Tapanuli mampu melahirkan karya jurnalistik yang baik serta berani unjuk gigi di kompetisi jurnalis. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *