Rute Penerbangan Di KNIA Hanya Domestik

  • Bagikan
Suasana pergerakan penumpang di KNIA sepi. Waspada.id/Irianto
Suasana pergerakan penumpang di KNIA sepi. Waspada.id/Irianto

DELISERDANG (Berita):Penerbangan rute domestik di Kualanamu International Airport (KNIA) masih tetap beroperasi. Namun, penerbangan di semua tujuan luar negeri dibatalkan (cancel), hingga 11 April mendatang.

Ketua Operator Committe Kualanamu Rahmat Iskandar Dinata yang dikonfirmasi Waspada melalui Sekretarisnya Vitra P Maulana, Jumat (27/3) membenarkan hal itu.

Disebutkan Vitra yang juga Head Operation Silk Air Kualanamu, pembatalan penerbangan sementara dari dan ke luar negeri tersebut terkait antisipasi virus Corona (Covid-19). Khusus Silk Air yang melayani rute Kualanamu-Singapura pembatalan penerbangan mulai, Jumat ini hingga 11 April mendatang.
Sedangkan Jet Star juga melayani rute yang sama, sudah lebih awal membatalkan penerbangannya. Penerbangan lain yang melayani rute luar negeri yakni MAS (Kualalumpur)  dan AirAsia (Penang dan Kualalumpur).

Kepala Kantor Otoritas Bandara (Otband) Wilayah II Medan Ir.Bintang Hidayat yang dikonfirmasi menyatakan pihaknya sejauh ini tidak menutup penerbangan tujuan international terkait Covid-19.

”Ya, kalau ada pembatalan penerbangan luar negeri yang dilakukan airline asing tak terlepas dari alasan operasional, karena mereka mematuhi kebijakan pemerintah Malaysia dan Singapura,” katanya.

Sebelumnya, Executive General Manager (EGM) PT. Angkasa Pura II (Persero) Kualanamu Djodi Prasetyo menyatakan terjadi penurunan jumlah penumpang terkait dengan Covid-19. Namun demikian pihaknya tetap mengoptimalkan pelayanan.

Djodi juga tak membantah kalau dampak dari adanya pembatalan penerbangan sejumlah tenant terpaksa menutup usahanya. Salahsatu tenant yang tutup sementara yakni Ayam Kalasan.

“Benar, sejak Jumat (27/3) Ayam Kalasan ditutup hingga 9 April mendatang,” paparnya. Pantauan Waspada, suasana di KNIA terlihat sepi. Sejumlah kounter check-in tiket juga kosong. 

Tak hanya itu, kantor pusat informasi turis terletak persis di depan kedatangan international dan kantor turis milik Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Sumut juga ditutup. (waspada.id)

Berikan Komentar
  • Bagikan