38 Ekor Sapi Qurban Diperiksa Sebelum Didistribusikan   

  • Bagikan
Kepala Disnakbun ‎Kabupaten Batu Bara drh Emmy Oftini bersama hewan Qurban dilapangan bola Kec.Limapuluh Kamis (30/7-2020).
Kepala Disnakbun ‎Kabupaten Batu Bara drh Emmy Oftini bersama hewan Qurban dilapangan bola Kec.Limapuluh Kamis (30/7-2020).

                                         

Batu Bara (Berita): Sebanyak 38 ekor sapi qurban Pemkab Batubara yang akan didistribusikan ke 12 Kecamatan se-Kabupaten Batubara, diperiksa petugas sesehatan hewan. Hal itu disampaikan Bupati Batubara Ir.Zahir M.AP melalui Kepala Disnakbun ‎Kabupaten Batubara drh Emmy Oftini, di Lapangan Sepakbola Kelurahan Lima Puluh Kota Kecamatan Lima Puluh, Kamis (30/7/20).

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui jumlah hewan qurban sekaligus mengecek kondisi fisik hewan qurban di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat 31/7/2020, ujar Kepala Disnakbun, didampingi Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan Netta Peranginangin.

Pemeriksaan kesehatan hewan qurban ini juga bertujuan memberikan pedoman bagi petugas penyembelih dan menjamin ketentraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi daging hewan qurban yang halal.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan qurban dalam situasi wabah Covid-19, diharuskan menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan pembatasan di fasilitas pemotongan hewan qurban, pengaturan jarak minimal 1 meter dan tidak saling berhadapan antara petugas pada saat melakukan aktivitas.

Petugas penyembelih diharuskan memakai masker selama kegiatan pemotongan hewan qurban. Setiap orang yang masuk dan keluar diarea pemotongan hewan qurban disyaratkan harus mencuci tangan pakai sabun, ujar drh Emmy.Setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung harus memperhatikan etika batuk, bersin atau meludah saat pelaksanaan pemotongan hingga pembagian kepada yang berhak.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan